Ini Alasan Kenapa Kimchi Jadi Makanan Tersehat di Dunia

Kimchi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Siapa yang tidak kenal dengan kimchi? Makanan kesukaan ‘oppa’ yang sering kita lihat dalam drama korea ini tidak hanya terkenal karena kemunculannya di layar kaca, tetapi juga karena termasuk makanan tersehat di dunia. Kenapa begitu? Yuk kita kenali lebih lanjut sayuran kebanggan Korea ini.

Rayakan Relasi 50 tahun Indonesia-Korea, Sensasi Hidangan Kimchi Hadir di Jakarta

Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang merupakan hasil fermentasi sawi dengan berbagai sayuran dan bumbu. Kimchi masih bersaudara dengan acar, bahkan pickles dan sauerkraut. Bahan utamanya adalah sawi, lobak putih, daun bawang, jahe, bawang putih, dan bubuk cabai. Sayuran segar ini dicampur dan difermentasi, dan hasilnya disebut kimchi.

Kimchi tidak hanya dapat dikonsumsi begitu saja dengan nasi putih hangat, tetapi juga dapat menjadi bahan utama untuk membuat kimchi-jjigae (semur), kimchi-guk (sup), kimchi-jeon (pancake), dan nasi goreng kimchi. Saat ini, kimchi juga banyak digunakan dalam makanan barat, seperti hamburger dan pizza, yang unik dan banyak disukai.

Makanan Murah Ini Ampuh Cegah Kanker Usus, Salah Satunya Jadi Idaman saat Ramadhan

Salah satu yang membuat kimchi unik adalah proses fermentasi kimchi bersifat spontan. Artinya, proses fermentasi kimchi dilakukan tanpa penambahan bakteri melainkan dari bakteri yang terdapat dari sayuran dan bahan pembuat kimchi sendiri. Hal ini terjadi karena bahan-bahan yang digunakan mentah dan tidak disterilkan terlebih dahulu, sehingga bakteri dapat berkembang biak. 

BACA SELENGKAPNYA

Deretan Makanan Korea Populer di Indonesia, Ada Favorit Kamu?
Kimchi atau kubis Korea pedas

Pencinta Drakor Merapat, Dokter Zaidul Akbar Sebut Kimchi Sangat Baik Buat Kesehatan

Pencinta drama Korea pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Kimchi, yaitu makanan fermentasi yang biasanya terbuat dari sayuran seperti sawi putih, wortel, timun.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024