Tekanan Darah Naik? Coba Diet DASH Baik Untuk Hipertensi

Ilustrasi diet
Sumber :

VIVA – Diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension yang dikembangkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute ternyata dinilai sehat dan sangat baik untuk para penderita hipertensi. 

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Diet DASH merupakan pola makan sehat yang diperuntukkan membantu mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Diet ini dilakukan dengan cara mengurangi asupan garam, lemak, dan kolesterol dan meningkatkan asupan protein, serat, serta vitamin dan mineral dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Berdasarkan hasil penelitian, orang-orang yang melakukan diet DASH dengan mengonsumsi makanan kaya akan sayuran dan buah dapat menurunkan tekanan darah mereka dalam waktu 2 minggu saja.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Serat, kalium, serta magnesium yang banyak terkandung dalam buah dan sayuran merupakan nutrisi yang mampu mengendalikan tekanan darah.  Untuk lebih paham tentang diet DASH ini, Anda perlu membaca artikel berikut, seperti disarikan dari WebMD. 

BACA SELENGKAPNYA

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib
Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024