8 Manfaat Lengkuas, Usir Rematik Hingga Tambah Libido Pria

Lengkuas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lengkuas merupakan rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan Nusantara. Tahukah Anda? Selain mampu memperkuat rasa dan aroma masakan, lengkuas ternyata juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

Di Tiongkok, lengkuas atau juga dikenal dengan laos, digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pernapasan, termasuk sakit tenggorokan dan batuk.

Berikut ini manfaat lain lengkuas seperti dijelaskan dr. Maya Haryono, Sp.GK di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 25 Juni 2018.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

1. Mengusir rematik
Para leluhur kita biasa menggunakan bahan tradisional untuk obat-obatan. Menurut dr. Maya, ada penelitian yang menemukan bahwa lengkuas mengandung antiinflamasi yang bisa mengurangi pegal-pegal.

2. Meningkatkan libido dan keperkasaan pria
Lengkuas mampu meningkatkan aliran darah di sekitar panggul. "Kalau aliran darah lancar, berarti ada kaitannya dengan libido," kata dr. Maya.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Komponen aktif di dalam laos juga berefek terhadap sperma, yaitu memengaruhi kualitas dan kuantitasnya menjadi lebih baik. Namun ini berlaku untuk penggunaan lengkuas dalam bentuk ekstrak. Jumlah yang dianjurkan per hari, yaitu 60 - 100 gram.

3. Menghilangkan panu dan penyakit kulit lainnya
Zat aktif dalam lengkuas berkhasiat anti fungi atau jamur. Panu biasanya disebabkan karena jamur sehingga dapat dibasmi oleh lengkuas.

4. Mengurangi peradangan di pencernaan
Lengkuas mengandung antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Namun, perlu dicatat bahwa sifatnya hanya meredakan, bukan menyembuhkan.

5. Mengatasi ketombe
Ketombe yang disebabkan oleh jamur bisa dibasmi dengan lengkuas. Penggunaannya bisa langsung digosokkan ke kulit kepala.

6. Menurunkan risiko kanker
Sudah dibuktikan bahwa lengkuas selain mengandung antiinflamasi juga memiliki zat antioksidan galanoflavonoid yang aktif mencegah pertumbuhan kanker.

7. Lengkuas mencegah penuaaan dini
Di dalam lengkuas terdapat zat antiageing yang memperlambat penuaan.

8. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut
Manfaat lengkuas ternyata juga untuk melebatkan rambut. dr. Maya menyarankan penggunaan yang kontinyu agar efeknya maksimal.

Untuk memperoleh manfaat lengkuas, dapat dikonsumsi sebagai tambahan bumbu masakan sehari-hari. Akan lebih baik jika digabungkan dengan bahan-bahan makanan lain, seperti sayur dan buah-buahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya