Awas, Kelebihan Makan Daging Berpotensi Gagal Jantung

Daging merah.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Protein merupakan sumber nutrisi yang baik untuk membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Namun, asupan protein yang berlebihan, berisiko menimbulkan penyakit.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Sumber protein bisa terdapat dari hewan maupun tanaman. Sebuah studi menemukan, pria di usia pertengahan yang mengonsumsi protein hewani dalam jumlah besar, berpotensi besar mengalami gagal jantung.

Peneliti mengikuti hampir 2.400 pria dari Finlandia, dengan rentang usia 42 hingga 60 tahun selama dua dekade. Secara keseluruhan, 334 kasus gagal jantung terdiagnosa selama studi berlangsung.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Para pria tersebut dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan konsumsi protein sehari-hari. Risiko gagal jantung ditemukan sebesar 33 persen pada semua konsumsi sumber protein, dengan yang paling tinggi, yaitu protein hewani.

Menurut American Heart Association, kemungkinan satu-satunya risiko tinggi terhadap penyakit dalam tubuh adalah terlalu banyak protein hewani yang berasal dari daging sapi. Sebab, jenis protein itu tinggi akan lemak jenuh dan berisiko meningkatkan kadar kolesterol LDL.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Maka dari itu, para ahli menyarankan agar konsumsi protein dibatasi hanya 10 hingga 35 persen dari asupan total kalori per hari. Lebih baik lagi, jika asupan protein tidak lebih dari 30 gram per porsi makannya, kecuali ia sedang dalam olahraga fisik yang cukup intens.

"Saat Anda melihat porsi makan orang-orang kebanyakan, protein saat sarapan sangat sedikit atau tidak ada sama sekali dan makan malam menjadi ajang konsumsi protein dalam jumlah besar," ujar profesor gizi Douglas Paddon-Jones.

Douglas menyarankan, agar sumber protein yang dikonsumsi bisa bervariasi dan lebih sehat seperti telur, yogurt, susu kedelai, quinoa, kacang, tahu, dan ikan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya