Cara Mudah Kenali Gusi Sehat

Ilustrasi gusi.
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA – Kesehatan mulut menjadi hal penting yang perlu dijaga. Salah satu bagian di mulut yang memiliki peran kesehatan cukup penting yaitu gusi.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Bagian gusi seringkali terlupakan karena fungsinya yang dirasa tak terlalu berdampak besar pada kesehatan mulut. Padahal, fungsi gusi sangat besar dalam menjaga kesehatan mulut dan mencegah ragam penyakit yang rentan mengintai.

"Gusi berfungsi untuk proteksi gigi karena dia adalah kulit terluar dari gigi. Di mana gusi menjadi salah satu bagian dari 4 jaringan penyangga yang berfungsi membuat gigi stabil, terikat, dan pondasinya kuat," ujar Spesialis Periodonsia RSPI, drg. Dedy Yudha, Sp.Perio., dalam temu media RS Pondok Indah Group di kawasan Blok M, Jakarta, Kamis 28 Juni 2018.

Sering Diabaikan, Cara Simpan Sikat Gigi yang Salah Ternyata Berbahaya

Gusi yang sehat biasanya menampilkan tanda yang khas pada mulut seseorang. Hal paling mudah dikenali pada gusi yang sehat yaitu warna yang sehat.

"Gusi itu harus berwarna pink atau merah muda. Jika warnanya sudah memerah atau merah tua, tandanya sudah ada peradangan, bengkak, atau perdarahan yang membuat gusi bermasalah," ujarnya.

Pria Ini Terpaksa Cabut Gigi Sendiri Pakai Tang

Tanda lainnya yang bisa dikenali dari gusi yang sehat yaitu strukturnya yang halus. Namun, gusi sehat juga memiliki penampilan yang khas dengan bintik-bintik di permukaan.

"Jika diperhatikan, gusi sehat memiliki penampilan seperti kulit jeruk dengan sedikit bintik-bintik. Yang paling penting, gusi yang sehat tidak ada perdarahan dan tidak ada rasa sakit," kata dia. (mus)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya