Bisa Kena Infeksi Kuman, Dokter Larang Pakai Tusuk Gigi

Tusuk gigi
Sumber :
  • http://www.asalmulane.com

VIVA – Pemakaian tusuk gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan di mulut banyak dianggap sebagai hal yang lumrah. Tahukah Anda, tusuk gigi sebenarnya tidak disarankan oleh ahli gigi karena dapat melukai area mulut?

Mukbang Makan Tusuk Gigi Viral di Korea Selatan, Kemenkes Peringatkan Bahaya yang Mengintai

"Sebaiknya hindari, karena tusuk gigi dibuat untuk mengatasi hal yang tidak bisa dilakukan tangan sendiri. Kalau dilakukan sendiri, malah bisa melukai gusi," ujar Spesialis Periodonsia RSPI, drg. Dedy Yudha, Sp.Perio, dalam temu media RS Pondok Indah Group di kawasan Blok M, Jakarta, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Menurut drg. Dedy, higienitas tusuk gigi sangat diragukan, sehingga dapat berpotensi menjadi media penyebaran kuman yang berdampak bahaya bagi kesehatan gigi dan mulut.

Denise Chariesta Ditinggal Kekasih Saat Hamil Diduga Karena Tusuk Gigi

"Kita tidak tahu seberapa lama tusuk gigi itu ada di tempatnya. Kita nggak tahu kuman apa yang ada di situ dan malah bisa berbahaya kalau dipakai," tuturnya.

Ketimbang menggunakan tusuk gigi, drg. Dedy lebih merekomendasikan membersihkan gigi dengan toothpicks atau dental floss dari plastik yang sifatnya lebih fleksibel.

Risih dengan Bau Mulut Tak Sedap saat Puasa? Simak, Ini Cara Cegahnya

"Coba jangan pakai tusuk gigi tapi pakai toothpicks yang dari plastik. Jadi itu lebih fleksibel saat dipakai, sehingga saat mengenai area yang keras, dia akan membengkok sendiri," terangnya.

Tusuk Gigi

Heboh Tren Makan Tusuk Gigi Goreng! Jangan Ditiru, Bisa Bikin Muntah Hingga Diare

Belakangan ini, media Korea Selatan dihebohkan dengan tren makanan baru yaitu makan tusuk gigi berbahan organik yang menimbulkan banyak kekhawatiran. Apa saja dampaknya?

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2024