Bukan Untuk Minuman, Susu Kental Manis Hanya Pelengkap Sajian

Saus karamel dari susu kental manis (SKM).
Sumber :
  • wikiHow

VIVA – Usai mempublikasikan surat edaran terkait keamanan gizi Susu Kental Manis (SKM) untuk konsumen, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal ini ditegaskan terkait pemakaian SKM yang harus bijak terhadap anak-anak.

BPOM Beberkan Kriteria dan Kunci dari Keamanan Pangan, Apa Saja?

Dikutip dari rilis Badan POM Selasa 3 Juli 2018, BPOM melalui Direktorat Standarisasi Pangan Olahan melakukan sosialisasi terkait Susu Kental Manis kepada masyarakat yang bertajuk “Bijak Mengonsumsi Susu Kental Manis (SKM) dan Produk Sejenis” di aula Gedung C BPOM Kamis, 7 Juni 2018 lalu.

Peserta sosialiasi terdiri dari perwakilan asosiasi dan dinas di DKI Jakarta, antara lain Aisiyah DKI Jakarta, TP PKK DKI Jakarta, Salimah DKI Jakarta, PKK Kelurahan Johar Baru serta Dinas Kesehatan dan Suku Dinas Kesehatan di DKI Jakarta.

Apa Itu Susu Evaporasi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Dalam sambutannya, Deputi Pengawasan Pangan Olahan BPOM, Suratmono menyatakan bahwa sosialisasi ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dari BPOM. Ia menegaskan bahwa SKM bukan dilarang, melainkan dikonsumsi secara tepat.

"Sebagai contoh yang bersifat preventif, yaitu pembinaan, penyuluhan, pemberian KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi), serta sosialisasi. Terkait SKM ini, penting untuk disosialisasikan karena banyak persepsi yang keliru di masyarakat dalam mengonsumsi SKM. SKM tidak dilarang, tapi kita harus bijak dalam mengonsumsinya,” tuturnya.

Ingat Moms, Usia Ini Sudah Tak Disarankan Konsumsi Kental Manis

Tak hanya itu, sosialisasi ini diadakan supaya masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan. Diharapkan masyarakat menjadi lebih bijak dalam menyikapi dan menyajikan pangan yang baik untuk keluarga dan diri sendiri.

"SKM bukan tidak boleh. Boleh, namun mohon diperhatikan untuk apa penggunaan SKM. Ada hal yang perlu disampaikan agar kita semua mendapatkan manfaat yang baik," ujar Direktur Standarisasi Pangan Olahan, Mauizzati Purba dalam kesempatan yang sama.

Dalam sosialisasi ini dijelaskan tentang gizi seimbang, jenis produk susu serta perbandingannya, dan pengetahuan tentang pelabelan dan iklan SKM yang benar. Salah satu informasi menarik dalam sosialisasi ini, yaitu SKM merupakan jenis susu yang berbeda dengan susu segar. (je)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya