Alami Morning Sickness, Ibu Hamil Wajib Jaga Kesehatan Mulut

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA – Sudah menjadi hal yang wajar mengalami morning sickness pada hampir seluruh wanita yang sedang hamil muda. Bahkan, morning sickness seringkali membuat para wanita hamil kesulitan menjaga kebersihan gigi dan mulutnya.

Kenali Bahayanya Wanita Hamil di Bawah Usia 21 Tahun

Morning sickness merupakan gejala hamil di trimester satu berupa mual, muntah, dan pusing. Hal ini membuat para wanita kesulitan menjaga kebersihan gigi dan mulutnya karena mual yang terus menerus.

"Pertama, ibu hamil bisa menghindari makanan yang bersifat tidak baik secara nutrisi maupun yang memicu mual. Kemudian, jangan lupa sering berkumur saat sedang tidak mual agar mulut tetap bersih," ujar Spesialis Periodonsia RSPI, drg. Dedy Yudha, Sp.Perio., dalam temu media RS Pondok Indah Group di kawasan Blok M, Jakarta.

Cek Fakta: Ganjar Sebut Sebagian Besar Wanita Indonesia Menderita Anemia

Setelah itu, wanita hamil tetap disarankan untuk rajin menyikat gigi meski mual melanda. Jika rasa pasta gigi terasa menganggu, bisa dihindari terlebih dahulu.

"Oral hygiene harus tetap baik, kalau bisa sikat gigi dengan pasta gigi. Kalau mual, gak usah pakai pasta gigi dulu," terangnya.

Viral Pria Adakan Pesta dengan 5 Pasangannya yang Sedang Hamil

Kebersihàn gigi pada wanita hamil sangat penting untuk kesehatan dirinya dan juga janin dalam kandungan. Sebab, kotoran yang menumpuk di mulut bisa memicu peradangan dan berbahaya pada janin.

"Kalau kotoran menumpuk karena kuman, lalu sebabkan peradangan di jaringan penyangga gigi atau periodontitis, infeksi bisa menyebar hingga ke janin dan menyebabkan cacat janin. Maka, penting ibu hamil menjaga kebersihan giginya." (ch)

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.

5 Pahala dan Keistimewaan untuk Wanita Hamil dalam Agama Islam

Wanita yang tengah mengandung dalam agama Islam harus bersyukur karena fakta bahwa wanita yang hamil dipandang mulia di hadapan Allah serta melimpahkan kebaikan kepadanya

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024