Alasan Pusat Kebugaran Dipenuhi Musik Upbeat

Ilustrasi pusat gym
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tempat fitness atau pusat kebugaran umumnya selalu memutar musik dengan tempo cepat. Hal ini ternyata ada kaitannya dengan olahraga yang dilakukan di pusat kebugaran. 

Tips Olahraga yang Aman dan Efektif Saat Berpuasa

Dalam olahraga, musik memiliki peran untuk menaikkan mood, adrenalin orang yang sedang melakukan olahraga. Misalnya saja seperti orang yang sedang mengendarai mobil, jika mereka mendengar lagu yang mendayu-dayu, mereka tentu tidak akan memacu laju kendaraan dengan kencang. 

Lain halnya jika musik yang didengarkan cenderung kencang atau bahkan bertempo cepat, yang akan memicu seseorang untuk melajukan kendaraannya lebih cepat. 

Olahraga Aman Saat Puasa? Ini Tips Jitu dari Dokter Spesialis UI!

Pippo, Area group Fitness Manager Fitness First dan BOOM, yang ditemui usai peluncuran kelas terbaru BOOM, di Fitness First Platinum Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, menjelaskan kaitan pentingnya musik saat seseorang berolahraga. 

"(Coba) treadmil deh, enggak ada musik kan lemas. (Saat) nyetir lagu pelan, nyetir jadi pelan. Kalau lagu kencang pengin ngebut enggak sih, kalau musik naik, adrenalin naik. Tempo upbeat memacu lebih cepat," ujarnya, Rabu, 4 Juli 2018.

Tips Tetap Aktif Olahraga di Bulan Puasa

Perempuan Arab berolahraga di tempat fitnes gym

Musik tak hanya menjadi latar dari olahraga tersebut yang bisa memicu semangat, tapi juga bahkan sebagai penunjuk waktu. 

"Musik selain sebagai background juga sebagai penunjuk waktu, kapan workout, kapan istirahat, kapan transisi," jelas Pippo. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya