Kemenkes RI: Kental Manis Tidak Untuk Balita

Susu kental manis tak baik untuk anak karena mengandung kadar gula sangat tinggi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kementerian Kesehatan telah menginformasikan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan selaku pengawas izin edar untuk lebih memperhatikan produk Kental Manis agar tidak dikategorikan sebagai produk susu bernutrisi untuk menambah asupan gizi.

COVID-19 Menuju Endemi, Aturan Wajib Masker Akan Dihapus?

Demikian pernyataan Direktur Gizi Masyarakat, Ir. Doddy Izwardi, MA, kepada sejumlah media saat ditemui di sela-sela acara Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi Tahun 2018 di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

"Kental manis ini tidak diperuntukan untuk Balita. Namun perkembangan di masyarakat dianggap sebagai susu untuk pertumbuhan. Kadar gulanya sangat tinggi, sehingga tidak diperuntukkan untuk itu," tutur Doddy.

Update COVID-19 Hari Ini 6 Maret 2022: Kasus Positif Tambah 24.867

Seperti kita ketahui, produk kental manis memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dari pada kandungan proteinnya, namun iklan di layar kaca menampilkan seolah-olah dijadikan minuman sehat bagi keluarga. Sehingga, kental manis bukan produk yang dikonsumsi seperti susu.

Doddy menyatakan bahwa produk kental manis dapat dikonsumsi untuk digunakan dalam campuran dessert atau topping makanan. Doddy menegaskan bahwa industri memang memiliki hak untuk melakukan pengembangan produk, namun komposisinya tetap harus diperhatikan.

Asosiasi Industri AMDK Diminta Percayakan Penuh ke BPOM soal Label BPA

Selama ini Kental Manis seringkali diberikan untuk minuman anak-anak di bawah usia lima tahun, bahkan untuk bayi. Memang, harga Kental Manis lebih murah daripada berbagai produk susu. Saatnya orangtua lebih jeli tentang kandungan nutrisi dan gizi minuman serta makanan yang dikonsumsi anak.
 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

Bareskrim Selidiki Kopi Diduga Mengandung Paracetamol dan Obat Kuat

Bareskrim akan menyelidiki temuan BPOM terkait sejumlah merek kopi mengandung paracetamol dan obat kuat

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022