Waspada, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Mineral

Ilustrasi minum
Sumber :
  • Pixabay/priyanka98742

VIVA – Asupan mineral dalam tubuh memiliki beragam manfaat, seperti beberapa di antaranya memelihara keseimbangan pH dalam tubuh, membantu pengaturan pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan saraf.

Menjelajahi Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Karena sifatnya yang tak kasat mata, banyak orang tidak sadar bahwa dirinya kekurangan mineral. Padahal, menurut dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK, Ahli Gizi Fakultas Kedokteran UI, kekurangan mineral bisa dikenali dengan beberapa tanda pada tubuh. 

"Kalau kekurangan mikro mineral tanda-tandanya biasanya mudah lelah, otot-ototnya terasa lemas atau mudah kram," ungkap Diana, dalam lokakarya Health and Nutritition yang diadakan oleh Danone dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Kamis 5 Juli 2018. 

Benarkah Kurang Minum Sebabkan Masalah Penyakit Ginjal? Begini Jawaban Pakar

Sedangkan untuk kekurangan makro mineral, efek yang mungkin timbul pada tubuh bisa jadi lebih serius. Beberapa di antaranya seperti kram, tekanan darah menjadi turun, dan irama jantung yang tidak teratur.

"Ciri lainnya yaitu jika olahraga pagi keringat banyak yang keluar, cepat pusing, otot-otot mulai tegang, itu tanda awal kekurangan mineral. Jika tak ditangani lebih lanjut bisa sampai pingsan dan irama jantung yang tidak stabil," kata dia. 

Nestle Prancis Digugat karena Diduga Lakukan Proses Pengolahan Air Mineral Secara Ilegal

Selain itu kekurangan mineral yang kronis juga terlihat dari gejala kulit yang kusam, bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh yang lain, seperti mengganggu pencernaan dan anemia. (ch)

Ilustrasi minum air/air putih.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Biasanya, senyawa bromat ini lebih banyak terdapat dalam air kemasan yang sumber airnya telah tercemar limbah industri atau pabrik. Bergantung pada lingkungan sumber air.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024