Perokok Wajib Konsumsi Vitamin C, Manfaatnya Luar Biasa

Ilustrasi merokok.
Sumber :
  • Pixabay/karosieben

VIVA – Memenuhi kebutuhan mikronutrien seperti vitamin C, membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Bahkan, para perokok juga bisa 'membuang' racun dengan konsumsi vitamin c dengan jumlah yang tepat.

Benarkah Nikotin Biang Keladi Masalah Kesehatan Akibat Merokok? Cek Faktanya

Angka anjuran atau angka kecukupan gizi terhadap vitamin C berkisar 70-90 miligram. Tetapi, penelitian menemukan bahwa pola hidup modern banyak memicu risiko pada kesehatan sehingga kadar vitamin C dibutuhkan lebih banyak.

"Pola hidup yang berisiko, paparan polusi lingkungan yang buruk, serta merokok membutuhkan konsumsi vitamin C lebih tinggi dari yang disarankan. Bagi yang tidak aktif merokok, total vitamin C yang dibutuhkan mencapai 100 miligram. Sementara, perokok membutuhkan tambahan 35 miligram lebih banyak dari kadar normalnya," ujar Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono SpGK dalam peluncuran Oronamin C Drink, di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, Kamis, 5 Juli 2018.

Riset Universitas Bern: Vape Efektif Bantu Perokok Dewasa Beralih dari Kebiasaan Merokok

Paparan radikal bebas yang tinggi dari asap rokok, membuat tubuh meresponsnya dengan kondisi inflamasi yang tinggi. Sumber makanan vitamin C mampu mengeliminasi inflamasi tersebut, karena bersifat sebagai anti inflamasi.

"Sumber vitamin C sebaiknya berasal dari makanan alami, yaitu buah keluarga citrus dan sayuran, dari brokoli dan tomat. Tetapi, terkadang tubuh masih kekurangan kadar vitamin C yang dibutuhkan," kata dia.

Misinformasi Nikotin Hambat Perokok Dewasa Akses Produk Rendah Risiko

Oleh sebab itu, perlu adanya vitamin C tambahan yang bukan berasal dari makanan. Namun, itu pun harus tetap memperhatikan kandungan vitamin C secara tepat.

"Anjurannya 4-5 porsi sayur dan buah sehari. Kalau tidak cukup bisa tambah dari suplemen. Tapi, harus bijak dalam memilih sumber vitamin C tidak alami. Lihat dosis di label yang ada dan tetap penuhi vitamin C sesuai angka kecukupan yang disebutkan tadi,” ucapnya.

Ilustrasi berhenti merokok.

Pengurangan Bahaya Tembakau, Alternatif bagi Perokok Dewasa Beralih dari Kebiasaannya

Dalam prosesnya, perokok dewasa akan mengalami gejala putus nikotin. Kondisi itu berpotensi untuk memicu perokok dewasa kembali merokok.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024