Tips Sehat dan Bugar Saat Berhaji dari Kemenkes

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Dr.dr.Eka Jusup Singka
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Sebanyak 221 ribu jemaah haji siap diberangkatkan oleh pemerintah Tanah Air. Berbagai persiapan tentu harus dijalani oleh para jemaah, termasuk menjaga diri tetap bugar dan sehat selama masa haji berlangsung.

Jangan Diabaikan, Ini Sederet Tips Sehat di Tengah Polusi Udara yang Memburuk

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, Dr. dr. Eka Jusup Singka MSc mengatakan, para jemaah haji kloter pertama mulai diberangkatkan pada 17 Juli 2018 mendatang. Total sebanyak 507 kloter akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini.

"Sebanyak 221 ribu orang jemaah haji sebaiknya bisa menjaga kesehatan kepala, kaki hingga organ tubuh lainnya, seperti pemakaian sandal, jangan sampai lupa penempatannya di pintu mana. Tidak sedikit jemaah yang kelupaan dan jalan dengan tanpa sandal sehingga kakinya melepuh," ujar Eka ditemui dalam Persiapan Penyelenggaraan Kesehatan Haji Tahun 1439 H/2018 M di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Jumat 6 Juli 2018.

Pulang ke Tanah Air, Dinkes Wajib Pantau Kesehatan Jemaah Haji Selama 21 Hari

Ia juga mengingatkan agar tak membiarkan isi lambung kosong saat akan beribadah. Usahakan tetap menjalani sarapan sebelum berangkat untuk beribadah ke masjid.

"Sarapan harus karena di masjid nanti bisa berjam-jam. Bawa juga roti dan kurma untuk persiapan snack di masjid. Usahakan jangan menumpuk makanan, nanti malah basi dan bahaya saat dikonsumsi," ujarnya.

Jemaah Indonesia Tahun Ini Akan Dapat Sertifikat Haji dari Kemenag

Tak hanya itu, sebaiknya keluar dari penginapan harus didampingi oleh teman di satu penginapan. Hal ini dilakukan untuk menghindari jemaah yang lupa jalan pulang.

"Harus berdua dengan teman saat keluar penginapan. Karena kalau pulang lupa dan kesasar, jadi repot. Usahakan juga untuk jaga kondisi dan tidak dipaksakan saat lelah. Tunggu saja waktu Arafah, karena waktu itu yang krusial. Jangan waktu arafah malah sakit karena terlalu lelah sebelumnya," tuturnya.

Berat badan

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan gula darah, tidak ada makanan yang menjadi penawarnya dan wajib tetap menjaga gaya hidup dengan sejumlah tips sehat.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024