Virus, Senjata Baru Lawan Bakteri yang Kebal Antibiotik

Ilustrasi virus
Sumber :
  • Google Photo

VIVA – Dalam beberapa tahun terakhir, dunia berperang melawan resistensi antibiotik. Sudah tahu kah, apa itu resistensi antibiotik? Yaitu bakteri yang kebal terhadap hampir semua jenis antibiotik. Akibatnya, penderita penyakit infeksi sulit disembuhkan dan berakhir dengan kematian. 

Ini Demam Khas Mycoplasma Pneumoniae pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orangtua

Penyebab resistensi antibiotik dipicu oleh penggunaan antibiotik yang tidak sesuai aturan. Misalnya, tidak menghabiskan antibiotik yang diresepkan dokter, atau mengonsumsi antibiotik tanpa indikasi yang benar. Ingat, tidak semua infeksi butuh antibiotik. Umumnya batuk pilek biasa yang disebabkan virus tidak membutuhkan antibiotik.

Mengingat kondisi resistensi antibiotik ini sudah sangat mengkhawatirkan, sementara mengembangkan antibiotik baru pun bukan strategi yang pas, maka ilmuwan kedokteran mulai memikirkan cara baru melawan bakteri yang kebal ini. 

Kasus Pneumonia Mycoplasma Ada di DKI Jakarta, Seperti Apa Kondisi Pasien?

Salah satunya dilakukan oleh peneliti dari San Diego, Amerika Serikat, yang sedang mengembangkan cara inovatif untuk mengobati infeksi yang disebabkan bakteri yang resisten antibiotik. Ternyata senjata yang digunakan adalah virus! Bagaimana konsep membasmi bakteri dengan virus? 

Guesehat

Jangan Sembarangan Konsumsi Antibiotik, Ahli: Hanya untuk Kondisi Mengancam Nyawa
Praktisi Pengobatan sunnah Indonesia, dr Zaidul Akbar

Zaidul Akbar Ungkap Makan Bawang Ternyata Tak Boleh Dikunyah, Kenapa?

Melalui akun Instagram resminya, dokter Zaidul Akbar menyebut bahwa segala jenis bawang-bawangan termasuk bawang putih memilih efek antibiotik dan anti kanker.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024