Vitamin C Ampuh Obati Sakit Flu, Mitos atau Fakta

Buah kaya vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat tubuh tidak fit dan terserang flu, biasanya sebagian masyarakat mengonsumsi buah jeruk yang mengandung vitamin C untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Vitamin C selama ini memang dipercaya dapat meningkatkan imunitas, sehingga mampu menangkal serangan virus penyebab flu.

Rahasia Turun-temurun Dapatkan Kulit Cerah dan Glowing

Ahli gizi juga mengatakan bahwa vitamin C memiliki manfaat bagi tubuh karena terdapat sumber anti inflamasi. Sehingga, saat tubuh sedang sakit dan mengalami peradangan di organ tertentu, vitamin C mampu menolong proses penyembuhannya.

"Vitamin C bersifat sebagai anti inflamasi, sehingga bisa meningkatkan penyembuhan luka dan infeksi yang terjadi pada tubuh," ujar Spesialis Gizi Klinis, dr. Marya Haryono Sp.GK, beberapa waktu lalu.

5 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Terlebih, vitamin C baik untuk mencegah penurunan fungsi tubuh akibat paparan polusi udara yang menjadi sumber radikal bebas. Vitamin C bersifat sebagai penentang radikal bebas tersebut.

"Pola hidup saat ini berdampak pada kekurangan vitamin C, karena minimnya asupan buah dan sayur. Padahal, vitamin C sangat dibutuhkan sebagai antioksidan yang melawan paparan radikal bebas," jelasnya.

Perlukah Konsumsi Vitamin C 1000 Saat Kondisi Tubuh Sedang Fit?

Sumber vitamin C yang paling baik adalah berasal dari makanan. Biasanya, terdapat pada buah citrus dengan rasa asam yang khas.

"Vitamin C tinggi pada buah citrus seperti jeruk dan lemon. Ada juga pada tomat dan brokoli. Anjuran angka kecukupan gizi vitamin C berkisar antara 70-90mg per hari," terang Marya. (ren)

Sakit flu

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

Masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai bahaya penuh dari mengidap dua penyakit itu, COVID-19 dan influenze sekaligus.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2023