Selain Romantis, Berciuman Punya 6 Manfaat Buat Kesehatan

Ilustrasi
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Ciuman pertama bisa jadi hal yang akan terus dikenang sepanjang usia. Segala sesuatu yang baru pertama kali dilakukan memang memberi sensasi tersendiri. Berbeda dengan ketika sudah memasuki masa berkeluarga, pasti ciuman lebih sering lagi dilakukan, sehingga dianggap hal yang biasa.

5 Manfaat Mengejutkan Berciuman, Nomor 3 Gokil

Bicara soal ciuman, tahukah Anda bahwa ciuman memilki manfaat bagi kesehatan pribadi maupun kesehatan hubungan dengan pasangan? Dilansir dari Independent, inilah manfaat berciuman yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

7 Gaya Ciuman dan Maknanya, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa ciuman itu tidak sehat karena harus berbagi air liur yang dapat mengakibatkan penularan bakteri. Karena pada saat berciuman, kita menumbuhkan 80 juta bakteri selama 10 detik berciuman. Tapi sebenarnya lebih berbahaya berjabat tangan daripada berciuman.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa berciuman meningkatkan kekebalan wanita dari Cytomegalovirus, yang jika ia hamil, dapat menyebabkan cacat lahir.

Viral Anak SD Berciuman, Motifnya Belum Tentu Mesum

2. Dapat Mengurangi Kecemasan

Mencium bisa sangat efektif untuk menenangkan, mengurangi kecemasan, dan membuat Anda terhindar dari stres karena menurunkan kortisol dan meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Bahkan sebagian orang beranggapan bahwa berciuman memiliki manfaat yang sama dengan meditasi.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Bibir mengandung pembuluh darah yang membesar ketika berciuman. Menurut Ryan Neinstein, MD, seorang ahli bedah plastik di New York City, “Darah kemudian diarahkan ke wajah dan menjauh dari seluruh tubuh, sehingga permintaan pada jantung menurun, menghasilkan tekanan darah yang rendah."

Terlebih lagi, saat jantung berdebar akibat dari kegembiraan ciuman yang penuh gairah, aliran darah akan meningkat yang juga berkontribusi untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Meregangkan Otot Wajah

Pada saat berciuman, kita menggunakan 30 otot dalam wajah. Jadi, ketika berciuman wajah akan terlihat lebih relaks karena otot-otot dalam wajah ikut bekerja.

5.  Bagus untuk Kesehatan Gigi

Menukar air liur dengan pasangan, akan meningkatkan aliran air liur Anda sendiri, yang membantu menjaga mulut, gigi, dan gusi tetap sehat.

6. Mempererat Hubungan

Berciuman juga melepaskan dopamin, yang memperkuat perasaan keterikatan romantis, “Berciuman sangat penting bagi hubungan, itu membuat keintiman dan romantisme berlangsung," menurut ahli Jo Barnet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya