Produsen: Jadi Konsumen Cerdas, Susu Kental Manis Bukan Pengganti ASI

Susu kental manis (SKM).
Sumber :
  • Pinterest/Kelli Foster

VIVA – Polemik susu kental manis (SKM) memberi kekhawatiran kepada masyarakat akibat banyaknya informasi yang membingungkan. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberi surat edaran terkait iklan dan label susu kental dan analognya serta memproses aturan baru untuk hal tersebut.

Apa Itu Susu Evaporasi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Menurut perwakilan Gabungan Asosiasi Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adi Lukman, para produsen sepakat bahwa kandungan di dalam SKM sudah memenuhi standar yang disetujui BPOM, yaitu standar internasional Codex. Namun, perihal visualisasi iklan, diakuinya akan memenuhi peraturan berdasarkan surat edaran BPOM.

"Terkait produk, tidak ada yang perlu dibahas karena kandungannya sudah sesuai standar. Terkait iklan dan label, kami akan memenuhi peraturan dari surat edaran Badan POM yang memberi visualisasi bahwa SKM bukan untuk pemenuhan kebutuhan," ujar Adi ditemui di Kantor BPOM, Senin sore, 9 Juli 2018.

Ingat Moms, Usia Ini Sudah Tak Disarankan Konsumsi Kental Manis

Menurutnya, pelaku usaha sudah menaati hal itu dan saat ini sedang melakukan review terkait label dan iklan yang ditampilkan sebelumnya. Terlebih, para produsen akan menaati regulasi baru yang akan segera diundang-undangkan oleh pemerintah terkait hal itu.

"Kami sepakat hormati regulator dalam menyiapkan regulasi berikutnya," ujarnya.

Makan Berlebih Diklaim Picu Bobot 27 kg Bayi Kenzi, Pakar Imbau Perbaiki Pola Asuh

Adi pun mengimbau agar masyarakat bisa menjadi konsumen yang cerdas. Ia mengatakan bahwa masyarakat kini bisa lebih jeli dalam memilah kebutuhan gizi untuknya atau keluarganya, terutama buah hatinya.

"SKM ada nutrition fact sehingga masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakan SKM. Sekali-sekali minum SKM tidak masalah tapi memang bukan untuk pengganti ASI (air susu ibu)," kata dia. (hd)

Ilustrasi BPOM

BPOM Beberkan Kriteria dan Kunci dari Keamanan Pangan, Apa Saja?

Untuk menjamin kesehatan masyarakat, memastikan keamanan pangan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjadi hal yang sangat penting. Apa kriteria pangan aman?

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023