Mau Langsing, Hentikan 4 Kebiasaan Buruk di Pagi Hari

Bangun pagi
Sumber :

VIVA – Bagaimana cara kita bangun tidur saat pagi, akan sangat berpengaruh pada mood kita seharian. Percaya atau tidak?

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Coba saja perhatikan ketika kita tidur nyenyak, kemudian bangun dengan perasaan tenang, aktivitas di jam-jam selanjutnya terasa lebih lancar. Oleh sebab itu, kita perlu mengekalkan kebiasaan baik di pagi hari yang mendukung kinerja tubuh seharian.

Ahli nutrisi Dr. Josh Axe seperti ditulis di Runtastic, mencatat beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari saat memulai hari.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

1. Makan dessert untuk sarapan

Dessert seperti cheesecake, wafel, muffin, mengandung gula dan karbohidrat. Rasanya memang lezat, dan seketika langsung menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Tapi turunnya juga cepat, sehingga rasa kenyangnya tidak awet, alias lekas lapar.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Alih-alih sarapan dengan makanan bergula dan karbohidrat berat, Dr. Josh merekomendasikan smoothie dari sayur dan buah yang sehat.

2. Makan padahal tidak lapar

Kita telah dibesarkan dengan kepercayaan bahwa sarapan itu penting. Sehingga sebagian orang makan di pagi hari, meski tak merasa lapar.

Dr. Josh menyarankan jika memang tidak merasa lapar di pagi hari, maka boleh melewatkan sarapan. Alternatifnya, menjalankan puasa intermitten (IF).

Ada beberapa jenis IF. Pada prinsipnya, diet ini menyarankan untuk membatasi waktu asupan makanan. Ada pola 16/8, yaitu: 16 jam puasa (tidak makan, waktunya dimulai setelah makan malam) dan 8 jam makan hanya di siang hari.

Manfaat puasa intermitten yaitu penurunan berat badan, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung, dan menstabilkan gula darah.

3. Melewatkan olahraga pagi

Olahraga di pagi hari adalah cara yang bagus untuk mendongkrak energi. Berbeda dengan olahraga di malam hari yang dapat menyebabkan risiko cedera. Sesi berkeringat di pagi hari dapat menyebabkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Selain itu, latihan pagi membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, dan meningkatkan produktivitas.

4. Minum latte dengan gula yang tinggi kalori

Ramai orang menyeduh kopi dicampur gula dan susu di pagi hari sebagai sumber energi. Sering kali mereka mengabaikan bahaya dari kandungan kalorinya.

Lagi-lagi, asupan tinggi gula di pagi hari hanya akan membuat Anda cepat merasa lapar. Dan kalorinya semakin menambah timbunan lemak di tubuh.

Jika yang Anda cari dalam secangkir kopi di pagi hari itu adalah kafein, Anda masih bisa menyiasatinya dengan kopi tanpa gula yang nol kalori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya