Sembarangan Cabut Bulu Hidung Akibatnya Bisa Fatal

Ilustrasi menutup hidung.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tidak ada salahnya memang memperbaiki penampilan agar lebih terlihat menarik. Tapi, ada satu kebiasaan yang sebaiknya segera dihindari.

Awas, Kebiasaan Mengupil Bisa Picu Pikun

Mencabuti bulu hidung meski bisa membuat penampilan lebih rapi tapi bisa berdampak membahayakan. Karena, bulu hidung berfungsi sebagai sistem pertahanan dan menjaga kotoran-kotoran berbahaya masuk ke hidung.

Dilansir dari laman Times of India, berikut ini potensi bahaya yang bisa terjadi jika Anda mencabut bulu hidung.

Bahaya Tersembunyi Vitamin, hingga 6 Zodiak Mencintai Sepenuh Hati

Infeksi serius

Jika Anda mencabut bulu hidung, hal ini bisa menyebabkan beberapa infeksi serius. Ketika folikel rambut sudah terbuka, semua kuman, kotoran, dan partikel di sekitarnya akan tertarik ke dalam pori-pori yang terbuka setelah dicabut itu.

3 Cara Menghilangkan Bulu Hidung yang Mengganggu dengan Aman

Segitiga berbahaya

Tahukah Anda ada bagian di wajah yang disebut dengan segitiga berbahaya? Segitiga itu adalah area dari jembatan hidung hingga sudut mulut. Area tersebut memiliki pembuluh darah dan saraf yang membantu mengantarkan darah ke otak.

Bisa mematikan

Dengan mencabut bulu hidung Anda bisa menyebarkan infeksi dari pembuluh darah ke otak. Tapi, peluang infeksi seperti itu terjadi memang jarang, namun mereka yang punya sistem imun lemah lebih rentan mengalaminya. Pembuluh darah yang membawa darah bisa membentuk gumpalan infeksi dan menekan otak, yang kemudian memicu kelumpuhan bahkan kematian.

Jerawat di lubang hidung

Selain bulu hidung, jika Anda memencet jerawat yang muncul di dalamnya, Anda bisa menyebarkan infeksi yang memicu pembekuan darah. Bekuan ini bisa menghalangi pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Kondisi ini dikenal dengan nama trombosis sinus kavernosus dan bisa menyebabkan kematian pada 30 persen kasus.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tidak bermain-main dengan area sensitif di wajah ini. Jika Anda ingin merapikan bulu hidung, sebaiknya gunakan gunting atau alat trimmer untuk menghilangkan bulu yang mencuat keluar, bukan dari dalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya