Biar Fit, Para Atlet Asian Games 2018 Diberi Vaksinasi Influenza

Vaksin Influenza untuk atlet Asian Games 2018
Sumber :
  • VIVA/ Adinda Permatasari

VIVA – Menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 di Indonesia, Pusat Pengembangan IPTEK dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP-ITKON) memberikan layanan kesehatan berupa vaksinasi influenza. Vaksinasi ini diberikan kepada para atlet yang akan berlaga di ajang olahraga terbesar se-Asia demi mendapatkan prestasi yang maksimal.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Menurut Deputi IV Bidang Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Prof. Dr. Mulyana, M.Pd, vaksin influenza diperlukan bagi para atlet karena mobilitas mereka yang tinggi dan berinteraksi dengan banyak orang. Karena itu, vaksin ini diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka agar tak mudah terkena virus influenza.

"Supaya atlet tetap bugar, fokus, dan tidak terpengaruh dengan virus yang menyebabkan terganggunya fungsi tubuh," ujar Mulyana dalam acara Vaksinasi Influenza Bagi Atlet Indonesia di Wisma Kemenpora, Jakarta, Senin 16 Juli 2018.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Pemberian vaksin influenza kepada para atlet Indonesia kali ini, lanjut Mulyana, merupakan yang pertama. Pada tahap pertama ini, ada 120 atlet yang akan diberikan vaksin.

"Setelah Asian Games, akan ada lagi dan kami berikan secara simultan dan dilakukan secara siklus," lanjut Mulyana.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Sementara itu, staf ahli PP-ITKON dr. Hariyono, SpPD, FINASIM, menambahkan, vaksin ini berperan untuk menaikkan daya tahan tubuh atlet. Meskipun influenza terdengar ringan, tapi WHO mengungkapkan, angka kematiannya mencapai 500.000 per tahun.

"Ini tidak akan terjadi kalau kita vaksinasi. Ini juga untuk mencegah atlet yang sudah dijaga sedemikian rupa dari penyakit, dan supaya prestasinya meningkat" terang Hariyono.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024