Diidap Putri Denada, Leukimia Kanker Anak Peringkat 1 di Indonesia

Ilustrasi tangan ibu dan anak .
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tak hanya pada orang dewasa, ternyata kanker juga menjadi momok mengerikan bagi anak-anak. Beberapa waktu lalu putri semata wayang penyanyi Denada, Shakira Aurum didiagnosis menderita leukimia atau kanker darah.

Bocah Penderita Kanker Tewas Gara-gara Ditenggelamkan Paksa di Sungai Gangga

Bocah lima tahun itu diharuskan menjalani serangkaian pengobatan di Singapura selama satu bulan lebih.

Tak hanya putri Denada, ternyata kanker darah menjadi kanker nomor satu yang paling banyak diderita anak-anak. Lebih dari 300.000 anak telah didiagnosis menderita penyakit kanker setiap tahunnya di seluruh dunia, dengan presentase kesembuhan hanya 20 persen.

Sederet Fakta Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui, Bisa Menyerang Segala Usia

Spesialis Onkologi dan Konsultan Hematologi RSCM Prof. Dr. Djajadiman Gatot, SpA (K), membeberkan jenis kanker yang paling banyak diderita anak-anak di Indonesia. Peringkat teratas adalah leukimia atau kanker darah serta kanker mata primer atau retinoblastoma.

Menurutnya hingga saat ini belum ada penjelasan secara pasti penyebab Leukimia. Namun ia mengatakan penyebabnya bisa saja karena keturunan.

SBY Kenang Peran Luhut Bantu Ani Yudhoyono saat Sakit Kanker

"Ini belum bisa ada satu pun peneliti yang mengatakan pasti penyebabnya. Jadi sebabnya itu banyak, macam- macam, ada (faktor) genetik, ada (faktor) lingkungan, infeksi dan sebagainya," kata Djaja kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Kanker pada anak sebenarnya bisa disembuhkan jika ditemukan dalam stadium awal dan ditangani dengan tepat. Karenanya penting sekali mewaspadai tanda-tanda penyakit tersebut. 
 

Ilustrasi kanker

Perut Membesar dan Lebam di Kulit, Bisa Jadi Tanda Kanker Darah pada Anak

Kanker ini bisa dideteksi dini agar kanker tidak menjadi lebih ganas. Deteksi dini kanker pada anak kata dia membutuhkan peran serta orang tua.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024