Inilah Alasan Ibu Hamil Perlu Makan Ikan Gabus

Ikan Gabus (Channa striata)
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Selama hamil sudahkah kebutuhan protein terpenuhi? Protein adalah salah satu zat gizi makro penting yang kebutuhannya meningkat sekitar 15-50 gram per hari selama kehamilan. Hal ini karena protein berperan besar dalam pertumbuhan janin dan mencegah berbagai kelainan dan cacat janin.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Ada dua sumber protein, yaitu protein nabati yang terdapat dalam tahu, tempe, kedelai, kacang polong, dan lain-lain dan protein hewani yang ada dalam daging merah, daging ayam, ikan, telur, dan susu.
 
Hampir semua jenis ikan mengandung protein tinggi. Tetapi ada satu jenis ikan yang istimewa nih, yaitu ikan gabus. Ikan gabus (Channa striata) adalah ikan air tawar yang bentuknya tidak menyenangkan untuk dilihat. Orang Barat memberi nama snakehead karena kepalanya mirip ular. Tetapi di balik bentuknya yang biasa saja, tersimpan potensi yang luar biasa. Mau tahu keistimewaan ikan ini?

Berbagai penelitian yang diterbitkan oleh jurnal-jurnal nutrisi internasional menyatakan, ikan gabus mengandung protein albumin dan asam lemak omega 3 yang berlimpah dan sangat dibutuhkan ibu hamil. Bahkan dibandingkan salmon, zat gizi ikan gabus lebih tinggi. Inilah beberapa kandungan zat gizi pada ikan gabus yang menjadi alasan ibu hamil sebaiknya banyak mengonsumsinya, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024