Hidup Sehat, Bams Eks Samson Jaga Pola Makan

Bams eks Samsons.
Sumber :
  • Instagram @bams_1606

VIVA – Meningkatnya risiko penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes hingga jantung menjadi perhatian masyarakat luas. Hal tersebut juga ternyata membuat masyarakat mulai sadar untuk memulai hidup sehat.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Memang untuk menjalani pola hidup sehat seperti mengubah pola makan dan olahraga dirasa cukup sulit. Terutama ketika Anda berada di lingkungan yang memang kurang peduli dengan kesehatan.

Mantan vokalis band Samsons, Bambang Reguna Bukit alias Bams pun membagikan tips untuk memulai hidup sehat. Kepada VIVA dia bercerita bahwa untuk memulai hidup sehat Anda cukup memperhatikan empat hal penting yakni menjaga pola makan, pola tidur, olahraga dan stress level.

Tips Berpuasa dengan Sehat dan Bugar di Bulan Suci Ramadhan

Dia menambahkan, bukan olahraga yang menurut dia memiliki pengaruh besar untuk sehat, namun pola makan memiliki pengaruh sebesar 70 persen dibandingkan tiga lainnya.

"Bukan olahraga tapi jaga makan, mending enggak olahraga daripada enggak bisa jaga pola makan. Kalau mau berubah mulai dari jaga makanan," kata dia saat ditemui VIVA di FIT LO-KAL Senayan baru-baru ini.

1,9 Miliar Orang Diprediksi Alami Obesitas di 2035

Dia menambahkan, bahwa penting juga untuk mengetahui jumlah asupan kalori yang masuk dalam tubuh.

"Gue ini kerjaannya ngitungin kalori setiap makanan yang gue makan, untuk gue pola makannya lebih ke calori counting," jelas dia.

Dirinya pun memberikan contoh pola makan yang dijalaninya sehari-hari. Ketika bangun pagi, Bams melakukan olahraga selama 30 hingga 40 menit. Jenis olahraganya pun cukup yakni sit up.

Setelah melakukan olahraga, dia pun sarapan. Menu sarapan yang dipilihnya adalah buah pepaya, namun kata ayah satu anak ini jika tubuhnya membutuhkan asupan protein dia memilih mengonsumsi putih telur.

"Setelah itu makan FIT LO-KAL, buat pribadi itu solusi karena kalorinya terukur banget. Karena makan satu porsi FIT LO-KAL (250 gram) kalorinya 150 hingga 200," kata dia.

Makan siang dan makan malamnya dia pun mengonsumsi FIT LO-KAL.

"Siang dan malam juga. Saya sekali makan bisa dua kali kalau dihitung 150 kalori dikali enam aja udah 900 sedangkan kebutuhan gue sehari aja 2000 kalori," jelas dia.

Meski begitu dia mengaku masih menerapkan pola cheating sekali dalam seminggu. Ketika cheating itu beberapa makanan seperti martabak menjadi salah satu pilihannya.

"Cheating seminggu sekali, kalau gula saya drop, biasanya saya akan makan gula seperti martabak." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya