Konsumsi ASI Segar Perbaiki Kualitas Kekebalan Tubuh Bayi

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA – Kualitas Air Susu Ibu (ASI) antara dikonsumsi langsung oleh si kecil dan yang dipompa, ternyata memiliki khasiat berbeda. Sebab, ASI yang langsung dari payudara, terbukti membawa zat-zat lebih baik pada bayi.

Daun Pepaya vs Kanker: Senjata Rahasia Alam Melawan Penyakit Ganas

Bayi yang langsung disusui ASI dari payudara ibundanya, bisa memperoleh zat antibodi yang utuh terkandung di dalamnya. Tak hanya itu, kromosom dari ibu yang dibawa oleh ASI segar akan menurun langsung pada bayi

"Kromosom dan antibodinya langsung disalurkan pada bayi sehingga sifat baik ibu akan menurun pada anak. Hasilnya, anak akan tumbuh lebih baik," ujar Dokter Spesialis Anak sekaligus Ketua Satgas ASI Indonesia, dr. Elizabeth Yohmi SpA., kepada VIVA di Jakarta.

Mengungkap 5 Manfaat Tak Terduga dari Bawang Putih, Bisa Cegah Potensi Kanker

Tak hanya itu, kontak antar kulit ibu dan bayi saat menyusui juga memberikan dampak kedekatan yang lebih baik. Proses pengosongan ASI dari payudara ibu juga akan lebih baik saat langsung diberikan pada mulut buah hatinya.

"Pengosongan ASI lebih baik dibandingkan dari pumping. Kalau ingin pumping, indikasinya harus jelas seperti ibu yang bekerja dan ASI sudah penuh, tentu harus dipompa," kata dia.

Manfaat Tersembunyi Buah Markisa, Cegah Penyakit Kronis Hingga Cegah Kegemukan

ASI yang terlalu lama dibiarkan penuh di payudara, akan memicu otak berpikir bahwa produksi ASI tidak lagi dibutuhkan. Oleh sebab itu, ibu tetap harus cepat mengosongkan payudaranya meski harus tanpa disusui langsung pada bayi.

"ASI terbaik adalah yang langsung diminum bayi dari ibunya. Dalam hal ini, tentu diharapkan, ASI yang juga baru selesai dipompa langsung diberikan pada anak. ASI yang diberikan saat sudah dibekukan dan kemudian dipanaskan, kualitasnya akan berbeda," tuturnya.

Ilustrasi imunisasi bayi

Kenali Manfaat dan Pentingnya Imunisasi Lengkap untuk Anak

Imunisasi adalah cara yang sangat penting dan efektif untuk melindungi dan mencegah diri dari berbagai penyakit berbahaya atau memiliki imun yang kebal, ini manfaatnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024