5 Cara Bikin Ritual Ngopi Pagi Jadi Lebih Sehat

Ilustrasi kopi/kopi hitam.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics/Karolina

VIVA – Secangkir kopi di pagi hari memang cukup membantu membangkitkan semangat sebelum beraktivitas. Selain itu, kopi juga memiliki berbagai manfaat sehat dan mengandung antioksidan yang cukup banyak.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Dengan membuat sedikit perubahan pada secangkir kopi Anda, manfaat sehat yang didapatkan pun bisa lebih maksimal. Berikut ini lima cara membuat secangkir kopi lebih sehat seperti dilansir laman Times of India.

Minum segelas air sebelum minum kopi
Orang yang memulai harinya dengan kopi seringkali kurang mengonsumsi air. Jika Anda sering melakukannya, cobalah minum segelas air sebelum menyeruput kopi. Kopi bersifat diuretic (memicu keluarnya air) secara alamiah, pastikan Anda sudah mendapat asupan air yang cukup selama sehari agar tetap terhidrasi.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Jangan tambahkan pemanis buatan
Meskipun pemanis Anda diklaim bebas kalori, tapi para peneliti mengatakan pemanis buatan dapat neningkatkan keinginan ngemil dan memiliki kaitan dengan diabetes tipe 2 dan stroke. Jadi, jangan tambahkan pemanis buatan atau gunakan dalam jumlah sedikit.

Takar gula (jika memakainya)
Menurut American Heart Association, asupan harian gula yang direkomendasikan adalah enam sendok teh. Jadi, daripada menuangkan langsung dari wadah, gunakan sendok untuk menakarnya. Jangan gunakan gula lebih dari setengah sendok teh pada koi Anda agar tetap menaati anjuran.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Gunakan susu nabati
Susu nabati memiliki nutrisi yang lebih banyak, serta mengandung zat antiperadangan dan asam lemak omega-3. Anda juga bisa memilih susu almond atau santan karena susu ini rendah kalori dan mengandung lemak jenuh yang sehat.

Tambahkan rempah
Menambahkan rempah seperti kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala tidak hanya menambah rasa dan aroma pada kopi tapi juga menambah antioksidan ke dalamnya. Kayu manis memiliki manfaat tambahan seperti mengendalikan gula darah dan insulin. Rempah-rempah ibu juga disebut dengan rempah manus sehingga Anda tidak perlu menambahkan banyak gula pada kopi jika Anda sudah menambahkan rempah.

Coffee Shop sebagai tempat kerja

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Berikut rekomendasi coffee shop di Jakarta Selatan yang cocok untuk kerja. Siapkan aplikasi QRIS agar lebih mudah saat bertransaksi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024