Infeksi Saluran Napas Rentan Intai Bayi yang Belum Genap 1 Tahun

Bayi baru lahir (ilustrasi).
Sumber :
  • Reuters / Jorge Dan Lopez

VIVA – Rendahnya sistem imun pada bayi yang belum genap satu tahun mejadikannya rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang si kecil adalah infeksi di saluran pernapasannya. 

RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur

Dokter Spesialis Anak dari Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Natia Anjarsari, SpA, mengatakan bahwa jenis infeksi pernapasan yang paling sering menyerang si kecil yaitu batuk dan pilek.

"Anak sampai usia 2 tahun masih rentan infeksi saluran pernapasan. Pada anak normal saja, batuk pilek rentan terjadi 6-8 kali per tahun," ujarnya dalam temu media Sleek, di Jakarta, Senin 23 Juli 2018.

Heboh, Ramalan Hard Gumay Soal Nagita Slavina Punya Anak Perempuan Jadi Kenyataan

Menurutnya, infeksi ini paling sering disebabkan oleh virus yang tercemar di udara. Maka dari itu, kebersihan si kecil sangat penting dijaga serta kontrol ke dokter anak yang rutin dijalani.

"Begitu selesai main, anak harus ganti baju dan cuci tangan agar tidak infeksi. Bagusnya juga kontrol ke dokter anak sebulan sekali di kehidupan pertama anak," kata dia.

Top Trending: Sopir Bis Bawa Penumpang Makan di Rumah Mertua hingga Ramalan Jayabaya

Sebab, evaluasi anak di tiap bulannya ada tahun pertama kehidupan, memungkinkan ibu memahami gangguan yang terjadi pada anak. Apalagi, pemahaman terkait peningkatan sistem imun anak sangat bermanfaat bagi para ibu baru.

"Di satu bulan pertama, evaluasi cukup atau tidak Air Susu Ibu (ASI) nya, diapernya bener atau belum, perkembangan anak normal atau tidak. Menjelang 6 bulan, biasanya ibu dibekali edukasi MPASI (Makanan Pengganti ASI) untuk mencukupi daya tahan tubuh anak."

Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad Nagita Slavina sama-sama dikenal karena telah mengadopsi seorang anak, yang menjadi sorotan publik dan mempunyai alasan tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024