Buah-buahan Ini Bisa Atasi Sembelit pada Bayi

Ilustrasi makanan bayi.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA – Sebagai ibu, tentunya Anda selalu memerhatikan semua yang terjadi dalam keseharian si Kecil untuk memonitor hal-hal yang esensial. Misalnya, milestone alias tahapan yang dialami si Kecil, apakah ia mau makan atau tidak, apakah ia mengalami tanda atau gejala penyakit, berapa jam ia tidur hari itu, dan yang tak kalah penting adalah frekuensi buang air, baik besar maupun kecil.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Yup, buang air besar alias BAB adalah sesuatu yang patut diperhatikan. Terlalu sering BAB dengan konsistensi yang cair tanpa ampas dapat menjadi tanda bayi mengalami diare. Hal ini mungkin pertanda ada makanan atau minuman yang tidak cocok, atau terjadi infeksi. Demikian pula apabila bayi tidak BAB sebagaimana mestinya.

Setiap bayi tentu punya kebiasaan BAB masing-masing. Biasanya BAB satu hingga dua kali dalam sehari. Ketika suatu kali ia tidak BAB sama sekali selama tiga hari berturut-turut, itu artinya bayi mengalami sembelit. 

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Sembelit sendiri biasanya membuat bayi tidak nyaman, karena perut terasa penuh. Alhasil, nafsu makan juga terganggu. Salah satu penyebab bayi sembelit biasanya adalah kurangnya asupan serat dan cairan.

BACA SELENGKAPNYA

Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Surabaya Banting Bayinya yang Berusia 6 Hari
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono.

Ada Banyak Cerita! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Ungkap Proses Kelahiran Anak Perempuan Pertama

Pasangan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono saat ini tengah berbahagia. Beberapa hari yang lalu tepatnya pada Senin, 22 April 2024, keduanya dikaruniai anak ketiga.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024