BPJS Kesehatan Terbitkan 3 Aturan Baru, Menkes: Tunda Dulu!

Petugas melayani warga yang mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Kementerian Kesehatan RI mendesak BPJS Kesehatan untuk menunda pelaksanaan tiga Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan (Perdirjampelkes) yang baru diterbitkan terkait Penjaminan Pelayanan Katarak, Pelayanan Persalinan dengan Bayi Baru Lahir Sehat dan Pelayanan Rehabilitasi Medik.

Iuran BPJS Kesehatan Bakal Naik di Tahun 2024 Ini?

“Pelayanan Kesehatan wajib memperhatikan mutu dan keselamatan pasien," tegas Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), dalam pesan tertulis Kemenkes RI pada VIVA, Senin 30 Juli 2018.

Menkes menerangkan bahwa dalam hal ini, tidak ada diagnosa bayi lahir sehat atau bayi lahir sakit. Menurutnya, bayi yang sehat dalam kandungan belum dapat dipastikan akan persalinan normal.

BPJS Kesehatan Bakal Jadi Syarat Penerbitan SKCK Mulai 1 Maret 2024

Bisa saja dalam keadaan selanjutnya, terdapat komplikasi yang sebelumnya tidak diketahui, sehingga memerlukan pemantauan untuk mencegah kematian bayi. Demikian pula untuk keselamatan ibunya.

Telah digelar pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, perhimpunan/asosiasi perumahsakitan, IDI, dan berbagai organisasi profesi kedokteran. Semua pihak bersepakat untuk menyukseskan pelaksanaan pelayanan kesehatan di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pelayanan kesehatan yang menjunjung tinggi mutu dan standar keselamatan pasien (patient safety) di atas segalanya.

DPS BPJS Kesehatan Sosialisasi Implementasi Layanan Syariah Program JKN di Aceh

Adapun tujuan dilaksanakan pertemuan tersebut adalah untuk mencari solusi dari permasalahan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN. Dilanjutkan dengan diskusi terkait penanggulangan defisit pembiayaan JKN dan keharmonisan regulasi pelaksanaan JKN.

Organisasi profesi dan perumahsakitan menyatakan dukungan terhadap seruan penundaan tiga Perdirjampelkes tersebut. Dukungan terhadap program JKN juga disampaikan organisasi profesi, baik dokter, maupun dokter spesialis, bahkan organisasi perumahsakitan yang menyatakan bersedia dilakukan audit dalam rangka pencegahan Fraud.

"Kemenkes, bersama organisasi profesi dan perumahsakitan terus mendukung pelaksanaan program JKN dengan pelayanan kesehatan yang berfokus pada keselamatan pasien dan indikasi medis," tandas Menkes.

Sementara itu, terkait ketidakseimbangan tentang adanya defisit BPJS Kesehatan, akan dibicarakan pada bauran revisi Perpres 12 Tahun 2013 pada pertemuan koordinasi tingkat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya