Tak Hanya Bikin Malu, Mulut Mangap saat Tidur Pertanda Penyakit

Ilustrasi ngiler
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pernahkah Anda melihat orang yang suka menganga atau mangap saat menonton tivi, kaget, melamun, atau saat tidur? Keadaan ini umumnya terjadi pada bayi atau anak-anak, kemudian tak jarang terbawa hingga dewasa.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Banyak orang tak menyadari bahwa kebiasaan mangap, selain memalukan, ternyata juga terkait dengan kesehatan seseorang. Misalnya, pada orang yang mangap saat tidur, itu bisa menandakan bahwa ia mengalami gangguan pernapasan, seperti asma.

Spesialis saraf, Dr. Zicky Yombana, Sp.S., di tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 30 Juli 2018 membenarkan itu. Tapi bisa juga mangap itu karena kemungkinan lain.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

"(Jawabannya) Bisa dua. Asma yang menyebabkan menganga (mangap) atau menganga yang justru mengakibatkan asma," katanya.

Saat orang tidur dengan mulut menganga, udara di dalam mulut berhubungan dengan udara luar, sehingga mulut menjadi kering. Pada kondisi ini gigi juga ikut terancam karena tidak mendapat perlindungan dari mulut. Tidur mangap juga meningkatkan bakteri mudah keluar masuk ke dalam mulut.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Penyebab lain mangap saat tidur, dapat karena hidung tersumbar, sakit amandel, dan alergi debu.

Lubang misterius menganga.

Ngeri! Ada Lubang Besar Misterius Menganga

Sebuah lubang pembuangan misterius muncul di Chile utara, Amerika Selatan, pada akhir pekan kemarin yang ukurannya sangat besar.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2022