Alasan Indonesia Tak Gunakan Vaksin MR Dari China

Ilustrasi pemberian vaksinasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Vaksin Measles Rubella (MR) yang digunakan, diimpor dan diproduksi dari India. Meski sempat akan memilih vaksin MR yang berasal dari China, nyatanya Badan POM mempermasalahkan standar vaksin tersebut.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Perlu diketahui, vaksin  adalah  produk  biologi  yang  berisi  antigen  berupa  mikroorganisme yang sudah mati atau masih hidup yang dilemahkan,  masih  utuh atau bagiannya,  atau berupa  toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksoid atau  protein  rekombinan. Ini berfungsi untuk menimbulkan  kekebalan  spesifik  secara  aktif  terhadap  penyakit tertentu.

Indonesia sempat akan menggunakan vaksin MR yang berasal dari China dan India. Namun, yang dipilih kini hanya dari India. Dalam rilis Badan POM RI, vaksin rabies dan vaksin difteri, pertusis, dan tetanus (DPT) yang diproduksi oleh Industri Farmasi Changsheng Biotechnology di China telah dihentikan produksinya dan ditarik dari peredaran.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Hal ini dilakukan karena vaksin tersebut tidak sesuai standar. Berdasarkan data di BPOM RI, vaksin produksi Changsheng Biotechnology China tersebut tidak lagi terdaftar di Indonesia.

Vaksin impor sendiri hanya dapat diedarkan di Indonesia setelah melalui tahapan sampling, pengujian laboratorium serta evaluasi seluruh data keamanan vaksin oleh BPOM RI.

Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

"Hal ini sesuai dengan Peraturan Kepala BPOM Nomor 30 tahun 2017 tentang Pemasukan Obat dan Makanan ke dalam Wilayah Indonesia," dikutip dari siaran pers, Jumat 3 Agustus 2018.

Anak kucing

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Vaksinasi merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kucing. Dengan memberikan vaksin, kucing dapat terlindungi dari berbagai penyakit yang berbahaya. 

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024