Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi atau Tidak Sih?

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA – Pasca kelahiran si Kecil, menyusui menjadi tahapan penting yang harus dijalani selanjutnya. Selama menyusui, Anda perlu tahu aturan tentang minum kopi. Nah, daripada bertanya-tanya haruskah Anda libur minum kopi selama menyusui, yuk simak penjelasan selengkapnya.

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Aturan minum kopi bagi yang menyusui

Menurut buku Breastfeeding: A Guide For the Medical Profession karya Ruth A. Lawrence, ibu yang sedang menyusui boleh-boleh saja menikmati kopi, selama dalam kadar batas yang wajar. 

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Berapa batas jumlah konsumsi kopi yang aman? The American Academy of Pediatrics menganjurkan agar ibu menyusui tidak minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari, dengan kandungan kafein kira-kira tak lebih dari 300 mg. Selain itu, tahan diri untuk tidak minum kopi saat si Kecil baru lahir untuk sementara waktu, ya.

Menurut Baby Center, bayi dapat mengolah kafein setelah tiga bulan, dan lebih baik memproses dan mengeluarkannya seiring bertumbuh. Australian Breastfeeding Association pun memperingatkan bahwa bayi yang baru lahir memerlukan waktu lama untuk mengurai kafein dari kopi, hingga 160 jam atau sekitar enam hari. Barulah pada usia 6 bulan, bayi perlu sekitar 3-7 jam untuk memproses kafein.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi ibu hamil.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Dengan persiapan dan pengetahuan yang tepat, ibu hamil dan ibu menyusui tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan aman

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024