7 Hal yang Memperparah Gejala Alergi

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/422694

VIVA – Alergi merupakan kondisi yang dapat kambuh saat Anda terpapar oleh alergen atau hal yang menyebabkan alergi, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, asap rokok, hingga makanan tertentu. 

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Reaksi alergi yang timbul pun dapat ditangani dengan berbagai cara. Meski begitu, Anda mungkin tidak menyadari kalau beberapa hal di sekitar yang tampaknya tidak berbahaya dapat memperparah gejala alergi yang dialami. Lalu, apa saja hal yang dapat membuat alergi jadi semakin buruk?

Stres

Dokter Bingung Asal Muasal Benda Asing Mirip Paku di Tubuh Stevie Agnecya, Kena Santet?

Stres bukan penyebab alergi, tetapi dapat membuat gejala alergi semakin lama sembuh akibat respons tubuh untuk melindungi diri. Dikutip dari WebMD, saat seseorang stres, otak memberikan perintah untuk melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol, serta histamin, zat kimia yang menyebabkan gejala alergi. 

Stres yang terjadi berkepanjangan akan memperlambat respons melawan zat atau benda asing. Akibatnya Anda lebih rentan terkena penyakit, seperti influenza, batuk pilek, atau penyakit infeksi lainnya.

3 Dampak Negatif Tidur dengan Kucing Peliharaan, Bisa Tertular Penyakit Zoonotik

Selain stres, masih ada beberapa hal yang memengaruhi alergi. BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi wanita tidur digangu jin atau setan

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Tidur dengan AC menyala dapat memberikan kenyamanan di malam hari, namun sayangnya ini juga dapat menimbulkan risiko kesehatan tertentu jika tidak digunakan dengan tepat.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024