Mengungkap Fakta Singkong Mengandung Racun Sianida

Singkong.
Sumber :
  • http://www.bebeja.com

VIVA – Siapa yang tak kenal dengan singkong? Salah satu jenis umbi-umbian ini kerap menjadi penganan sehari-hari masyarakat di Indonesia, yang umum disajikan dalam bentuk singkong goreng, getuk, kripik singkong, maupun singkong rebus.

Ganjar Sindir Food Estate: Singkong Gak Tumbuh Terus Kayunya Kemana?  

Selain umbi singkong yang dapat diolah menjadi beragam menu, daun singkong juga sering dimanfaatkan sebagai sayur lalapan, gulai, bahkan ada yang membuat peyek daun singkong.

Selain rasanya yang sedap, nutrisi singkong dan daunnya tidak perlu diragukan lagi. Singkong dan daun singkong kaya akan protein, serat, lemak, kalori, karbohidrat, vitamin A, C, B12, dan juga berbagai jenis mineral seperti kalsium, fosfor, serta zat besi.
    
Namun sebagian masyarakat enggan mengonsumsi singkong lantaran menganggap singkong mengandung zat yang berbahaya, yaitu sianida yang menyebabkan pusing, mual dan muntah, Benarkah demikian? Atau anggapan itu sebenarnya hanya mitos yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Dicibir, Mentan Beri Data Sejumlah Food Estate yang Berhasil

Bagi Anda penggemar hidangan singkong dan daun singkong, yuk kita cari tahu manfaat dan gizi daun singkong beserta mitos dan fakta yang terkait, bersama dr. Ida Gunawan,M.S, SpGK(K). Saksikan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 9 Agustus 2018, pukul 13.00 WIB. Anda juga bisa mengikuti live streaming di kanal VIVA kanal VLIX, atau langsung klik link ini.

Zaidul Akbar

Zaidul Akbar: Kalau Makan Getuk Saya Banyakin Kelapanya, Kenapa? Ini Alasannya

Getuk adalah salah satu makanan khas dari Indonesia yang terbuat dari singkong rebus yang diolah dengan kelapa, gula pasir, atau gula merah sehingga memberikan rasa manis

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024