Perbedaan Pilek Biasa dengan Influenza yang Sebabkan Kematian

Ilustrasi flu berat.
Sumber :
  • Pixabay/ gfhjkm123

VIVA – Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa influenza adalah penyakit ringan. Sehingga tak jarang penyakit ini disepelekan. Padahal, Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO), memperkirakan bahwa influenza mengakibatkan sekitar 500.000 kematian setiap tahunnya.

Japan Flu Cases Hit Waning Level at Fastest Pace in 10 Years

Anda perlu mengetahuai bahwa influenza adalah penyakit saluran nafas akut yang menular dan disebabkan oleh virus influenza. Apabila seseorang terinfeksi virus influenza, maka virus tersebut dapat menular dengan mudah melalui udara maupun percikan ludah.

Ahli Imunologi dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, FINASIM, menjelaskan bahwa virus influenza dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu A dan B.

Kasus Influenza di Jepang Meningkat, Tertinggi dalam 10 Tahun

Pada masing-masing virus terbagi kembali menjadi dua macam. Virus tipe A terdiri atas A/H1N1 (dikenal sebagai flu musiman) dan A/H3N2 (dikenal sebagai flu Australia), sedangkan virus tipe B terbagi menjadi B Yamagata dan B Victoria.

"Gejala influenza secara umum menyerupai selesma atau common cold berupa demam, sakit kepala, lemah, bersin-bersin, batuk dan pilek," ujar Iris seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA, Jumat, 10 Agustus 2018.

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

Meski mirip, tapi gejala dari kedua penyakit ini memiliki perbedaan pada lamanya gejala yang dirasakan penderita. Pasien influenza dapat terbaring sekitar 5-10 hari dan lemah hingga satu 1 bulan, sedangkan selesma tidak selalu lemah dan pasien masih dapat bekerja.

Karena kemiripan antara influenza dan selesma tersebut, maka pengobatan influenza seringkali diabaikan. Padahal jika influenza dibiarkan maka dapat terjadi komplikasi, salah satunya berupa pneumonia yang dapat menyebabkan kematian.

Pencegahan influenza sangatlah penting agar terhindar dari penyakit tersebut. Berikut adalah langkah-langkah dalam mencegah influenza seperti dituturkan Iris:

1. Pencegahan primer

Dilakukan dengan vaksinasi influenza. Efektivitas vaksinasi influenza diklaim dapat memberikan perlindungan hingga 90 persen pada individu yang sehat berusia kurang dari 65 tahun. WHO merekomendasikan vaksin setahun sekali sesuai dengan tipe virus influenza yang sedang beredar.

Vaksin dapat diberikan kapan pun asalkan seseorang dalam keadaan sehat. Hanya saja kendala pada vaksin influenza adalah biaya yang belum ditanggung pemerintah dan hanya tersedia di rumah sakit besar saja.

2. Pencegahan sekunder

Dilakukan dengan menggunakan masker, mencuci tangan yang bersih dengan sabun dan mengonsumsi vitamin, terutama vitamin C, dan dilakukan sehari-hari.

Semoga dengan mengenali gejala influenza dan menerapkan langkah-langkah tersebut, kita dapat tetap sehat dan bugar terhindar dari penyakit influenza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya