Mengapa Kita Otomatis Menutup Mata saat Bersin?

Ilustrasi bersin.
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Bersin sebenarnya merupakan mekanisme alami dalam tubuh untuk mengeluarkan benda yang dianggap asing dari saluran pernapasan. Namun, ternyata masih banyak fakta lainnya seputar bersin yang perlu Kamu tahu, lho. Dikutip dari berbagai sumber, simak satu per satu, yuk!

Benarkah Bersin Tanda Tertular COVID-19?

Bersin Itu Refleks

Alasan Kamu bersin sebenarnya karena tubuh bereaksi dengan hal-hal yang memicu bersin, seperti debu, serbuk sari, ataupun sel kulit mati dari hewan peliharaan yang tidak disadari keberadaannya. Dikutip dari Reader’s Digest, saat debu, serbuk sari, atau bulu binatang masuk ke dalam hidung, maka otak menerima sinyal untuk menyingkirkan “benda asing” ini.

Bersin Ibarat Bom Atom Mini yang Meledak Lebih dari 2 Meter

Lalu, tubuh akan bereaksi dengan menarik napas panjang dan menahannya, sehingga menyebabkan otot-otot di dada mengencang. Tekanan ini secara tidak sadar akan membuat lidah menempel ke bagian atas mulut, lalu udara pun keluar dengan cepat dari hidung bersamaan dengan keluarnya napas. Hal inilah yang terjadi saat Kamu bersin, Gengs.

Bersin untuk Mengatur Ulang Rongga Hidung

Tak Hanya Batuk Bersin, Bicara Juga Hasilkan Percikan Virus Corona

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Pennsylvania, bersin terjadi untuk mengatur ulang rongga hidung. Jadi, partikel-partikel atau benda asing yang dihirup melalui hidung akan terperangkap dan kemudian keluar melalui bersin.

BACA SELENGKAPNYA

Bersin

Allah Benci Orang yang Menguap dan Mencintai Bersin

Alquran dan sains mengungkap penyebab seseorang bisa bersin dan menguap. Tapi di masa pandemi ini sebaiknya lebih beretika lagi.

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2021