Orang Diabetes Boleh Konsumsi Durian, Asal Makan Sayur Mentah Dulu

Buah durian
Sumber :
  • nealford.com

VIVA – Penderita diabetes kerap dikaitkan dengan menjauhi makanan-makanan enak. Mereka tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan. Salah-salah, kadar gula darah meningkat drastis dan membahayakan kesehatan orang tersebut.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dari sekian banyak makanan yang dilarang, durian termasuk yang dilarang keras untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tentu saja hal ini wajar, mengingat kandungan gula pada durian cukup tinggi.

Tapi, ternyata ada cara menyiasatinya. Menurut Dr. dr. Aris,Sp.PD.,KEMD, dalam peluncuran aplikasi Teman Diabetes, di Kolega Coworking belum lama ini, orang dengan diabetes bisa makan durian, tapi ada syaratnya, yaitu dengan diimbangi sayur mentah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Makan sayur mentah dulu 200 gram, seperti lalapan atau salad, lalu timun satu, tomat satu, setelah itu baru makan durian," ujarnya.

Lebih lanjut dokter yang juga merupakan Ketua Perkumpulan Edukator Diabetes Indonesia ini menjelaskan alasan pentingnya mengonsumsi sayur sebelum makan durian, adalah agar penyerapan gula terhambat.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Pertama kali sulit, tapi setelah dicoba dua tiga kali, enggak sulit. Orang diabetes harus bisa makan enak, tidak boleh tidak," jelasnya.

Begitupun dengan nasi, menurutnya, penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi nasi putih asalkan diimbangi dengan porsi lainnya.

"Ada triknya, nasi seperempat bagian, protein seperempat. Protein harus sama dengan nasi. Mau makan berapa banyak, yang penting dibagi setengah sayur matang, protein boleh apa saja. Kalau sayurnya mentah satu porsi munjung, kalau matang seperempat. Silahkan makan nasi, enggak makan juga boleh, tapi jangan takut (makan nasi)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya