Logo ABC

Semakin Sedikit Warga Australia Meninggal karena Hepatitis C

Ribuan warga Australia berhasil disembuhkan dari hepatitis C setelah adanya obat baru yang murah karena subsidi pemerintah.
Ribuan warga Australia berhasil disembuhkan dari hepatitis C setelah adanya obat baru yang murah karena subsidi pemerintah.
Sumber :
  • abc

Jumlah warga Australia yang meninggal karena gagal ginjal dan kanker ginjal disebabkan hepatitis C menurun 20 persen dalam waktu hanya dua tahun.

Demikian angka terbaru yang dikeluarkan oleh The Kirby Institute.

Ini terjadi menyusul dimasukkan obat yang efektif mencegah hepatitis namun harganya terjangkau ke dalam Pharmaceutical Benefits Scheme (PBS) di tahun 2016.

PBS adalah skema obat-obatan yang harganya disubsidi oleh pemerintah Australia, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat banyak.

"Penurunan angka kematian disebabkan karerna terapi obat-obatan anti viral di kalangan mereka yang mengidap hepatitis C, khususnya mereka yang memiliki penyakit ginjal yang sudah lanjut." kata Greg Dore dari Kirby Insttitute.

"Sejak tahun 2016, sekitar 60 ribu warga Australia menggunakan obat yang mujarab tersebut, dan sekarang untuk pertama kalinya kita melihat penurunan angka kematian karena kasus hepatitis C."

Data juga menunjukkan bahwa angka infeksi hepatitis C di kalangan orang-orang yang melakukan suntik narkoba menurun dari 43 persen di tahun 2015 menjadi 25 persen di tahun 2017.