Bahaya Sedotan bagi Tubuh, Picu Keriput hingga Berat Badan Meningkat

Sedotan plastik.
Sumber :
  • Pixabay/rkit

VIVA – Sedotan merupakan salah satu alat makan yang digunakan dan sulit lepas dari kehidupan sehari-hari. Biasanya, sedotan diberikan saat Anda memesan minuman untuk mempermudah menyesapnya.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Tentu ini membuat sedotan menjadi alat yang sangat fungsional dan dapat ditemukan di mana saja. Namun, pemakaian sedotan ternyata bisa berdampak buruk pada tubuh. Berikut deretan bahaya pemakaian sedotan pada tubuh, dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Kembung

Kisah Puspa Dewi Jalani Operasi Plastik di Usia 56 Tahun, Transformasinya Bikin Melongo 

Pemakaian sedotan berarti menyesap air minum yang lebih banyak dari biasanya. Pakar kesehatan, Nesochi Okekelgbokwe juga mengatakan bahwa menyesap dengan sedotan membuat udara turut terbawa.

"Udara yang masuk pada saluran pencernaan dapat mengakibatkan lebih banyak gelembung yang memproduksi udara berlebih atau disebut aerophagia".

Selain Perawatan, Hindari Hal Ini untuk Cegah Penuaan Dini

2. Keriput

Ini momok paling menakutkan. Menurut spesialis dermatologi, Sejal Shah, menyesap dengan sedotan adalah salah satu kebiasaan yang mengakibatkan keriput dini. Sebab, otot bibir akan mengulang terus-menerus gerakan yang sama dan memecahkan kolagen di sekitar bibir, menyebabkan keriput permanen.

3. Risiko kerusakan gigi

"Gula dari soda atau asam dari wine dan kopi tetap dapat menyentuh gigi saat mengonsumsinya dengan sedotan," ujar dokter gigi, Kami Kohani. "Ini dapat membuat gigi menjadi mudah keropos".

4. Berat badan meningkat

Pemakaian sedotan membuat Anda mengonsumsi minuman lebih banyak dibanding menggunakan gelas atau cangkir biasa. Ini berarti, kalori yang Anda konsumsi bisa lebih banyak dan memicu peningkatan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya