Jangan Anggap Enteng Dehidrasi, Bahaya!

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Setiap sel dalam tubuh manusia membutuhkan air untuk bisa berfungsi dengan baik. Tak hanya membantu pencernaan, cairan juga dibutuhkan untuk menjaga temperatur tubuh serta melindungi organ tubuh internal. Jika kebutuhan cairan tak terpenuhi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi Kulit Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Efektif Atasinya Menurut Dokter

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan gula-garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya.

Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah lebih dari 60 persen total berat badan. Kandungan air pada kadar yang ideal di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat.

Hindari Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadhan Dengan 3 Tips Ini!

Lalu, bagaimana cara menghindari dehidrasi dan cara mengatasinya?

Ini akan dibahas dalam episode 236 program Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne, Senin, 20 Agustus 2018 pukul 13.00-14.00 WIB bersama Prof. Dr. dr. Ari Fahrial, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FACP.

Jarang Diketahui, 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Puasa Tahan Lama

Selain dehidrasi, ada pula topik lain yang bakal dikupas tuntas, yakni mengenai yogurt. Topik ini akan dibahas oleh narasumber dr Verawati Sudarma, M.Gizi, SpGK.

Yogurt merupakan salah satu produk turunan susu yang digemari banyak orang. Minuman dengan rasa asam ini juga bisa dikonsumsi dengan beragam cara tanpa mengurangi kenikmatannya. Selain itu yogurt memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya sebagai sumber protein bagi tubuh, melancarkan sistem pencernaan, juga menjaga sistem kekebalan tubuh

Namun, di balik nikmat dan segarnya yogurt, banyak mitos beredar bahwa yogurt dibuat dari susu basi dan tidak baik untuk penderita maag.

Dipandu oleh host, dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan Dita Fakhrana, saksikan Ayo Hidup Sehat di sini. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya