Kenapa Berat Badan Naik Setelah Pakai Insulin?

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Kenaikan berat badan adalah efek samping yang biasa terjadi pada penderita diabetes yang menggunakan terapi insulin. Sebagian penderita diabetes tipe 2 harus  menggunakan insulin karena obat oral (pil atau obat yang diminum) tidak mampu menurunkan kadar gula darah.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Insulin adalah hormon yang membantu penderita diabetes mengelola gula darah di tubuhnya, dengan cara membantu memasukkan gula ke dalam sel hingga dapat digunakan oleh sel untuk bahan bakar energi. Tanpa insulin, sel-sel tubuh Kamu tidak dapat menggunakan gula sehingga gula menumpuk dalam darah. 

Diabestfriend mungkin mengalami penurunan berat badan sebelum memulai terapi insulin. Hal ini terjadi karena kelebihan gula dibuang melalui urine dan sebagian air ikut ditarik keluar melalui urine. Jadi kehilangan air yang cukup signifikan dari tubuh inilah penyebab berat badan turun pada penderita diabetes.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Memang, ada efek fisiologis bahwa insulin menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena insulin memiliki mekanisme menyimpan kelebihan energi. Penderita diabetes umumnya lebih cepat lapar. Kamu pun makan lebih banyak sehingga berat badan sudah naik ketika mulai menggunakan terapi insulin.

BACA SELENGKAPNYA

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam
Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024