5 Tips Liburan Hemat Tak Menguras Kantong

Ilustrasi mindfulness dan Traveling bersama teman
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Berlibur bisa jadi hal menyenangkan tapi juga bisa jadi hal yang menguras kantong. Untuk itu, sebelum memutuskan berlibur dan memilih tempat tujuan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Membuat anggaran menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan, agar setelah berlibur tak membuat kantong bolong. 

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Jika anggaran sudah dibuat, ada beberapa cara untuk mengurangi pengeluaran yang sudah dianggarkan. Dilansir The Trusted Traveller, ini kelima tipsnya. 

Pesawat

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

Untuk mengurangi biaya perjalanan, pertimbangkan memilih maskapai yang menawarkan harga terjangkau atau bisa memilih penerbangan tak langsung. Perhatikan potongan harga atau gunakan miles jika ada. 

Akomodasi

Doyan Traveling, Tips Luna Maya Liburan Murah Dapat Fasilitas Mewah

Jika merencanakan libur panjang, coba untuk mencampur akomodasi. Jika suka tidur di tempat mewah, coba tambahkan beberapa malam di akomodasi lebih murah, seperti apartemen. 

Aktivitas

Cari tahu aktivitas, atraksi yang bisa dinikmati secara gratis, dan cari tahu juga website museum yang memberikan bebas biaya masuk. 

Bekal

Bukan membawa dari rumah, tapi belilah makanan di pasar lokal atau supermarket. Tidak hanya lebih murah, tapi akan mendapatkan rasa lokal yang sesungguhnya. 

Koper

Ini yang sering jadi masalah, terutama bagi yang baru pertama bepergian. Tidak usah habiskan banyak uang untuk membeli koper, pinjam saja dari teman atau keluarga, agar lebih hemat. 

Asuransi

Sepele namun penting, jangan membeli asuransi perjalanan hanya karena alasan murah. Ingat bahwa apa yang kamu dapat adalah apa yang kamu bayar dan terkadang mengeluarkan sedikit lebih banyak bisa lebih bermanfaat untuk jangka panjang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya