Trauma Perceraian, Maia Estianty Jalani Hipnoterapi

Maia Estianty
Sumber :
  • Instagram.com/maiaestiantyreal

VIVA – Saat ditimpa cobaan berupa kegagalan pernikahan hingga kehilangan harta, Maia Estianty mengaku mengalami masa terpuruk dalam hidupnya. Begitu besarnya terpaan cobaan itu, hingga berpengaruh pada kondisi psikologisnya.

Kesehatan Mental: Langkah-langkah untuk Sembuh dari Trauma

Ibunda dari Al, El, dan Dul itu mengungkapkan jika kejadian pahit itu membuatnya sampai tidak bisa mengeluarkan air mata. Sekalipun ada peristiwa yang menyedihkan, Maia tetap tidak bisa mengeluarkan tangisnya.

Saking tidak adanya ekspresi sedih itu di wajahnya, musisi 42 tahun itu sampai disebut wanita dingin. Hingga sampai suatu saat seorang sahabat menyadari sikap tak biasa Maia ini. Ia pun menyarankan Maia untuk berkonsultasi ke ahli.

BKKBN: Angka Perceraian Tinggi, Setahun Capai 600 Ribu

"Akhirnya saya ke hipnoterapi, di sana diajarkan untuk bisa nangis. Akhirnya bisa nangis, karena yang namanya manusia harus bisa menangis," kata Maia saat ditemui di sebuah acara di Jakarta, belum lama ini.

Selain menjalani hipnoterapi, Maia juga selalu berusaha menjaga pikirannya untuk menghilangkan pengalaman buruknya. Salah satunya adalah selalu mendoakan hal baik untuk dirinya.

Kisah Korban Kekerasan Seksual Usia Dini: 'Trauma Dibawa Sampai Mati'

Maia juga sempat mengikuti seminar untuk membentuk pikiran positif. Dalam salah satu sesi seminar, pernah diminta untuk berjalan di atas bara.

"Saya diminta untuk berpikir kalau api itu dingin, padahal jelas api itu panas. Tapi karena dari awal saya sudah berpikir kalau api dingin, saya jalan sekali aman," tuturnya.

Sama halnya dengan kehidupan, kata Maia, jika dari awal sudah terpasang pikiran tidak bisa, maka yang terjadi adalah tidak bisa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya