Pup Bayi Bisa Jadi Suplemen Kesehatan, Cegah dan Obati Penyakit

Bayi Pakai Popok
Sumber :
  • inmagine.com

VIVA – Kita pernah mendengar beberapa hal yang berhubungan dengan bayi bisa menunjang kesehatan orang dewasa. Kalau dulu konsumsi plasenta untuk kesehatan menimbulkan kehebohan, maka mungkin hal ini bisa membuat Anda sedikit mual.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Sebuah riset baru menyatakan kalau kotoran atau pup bayi bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit. Alasannya, menurut sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan di Scientific Reports, bakteri yang ada di dalam feses yang dikeluarkan bayi bisa memproduksi probiotik. Probiotik tersebut bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit seperti obesitas dan kanker.

Dilansir laman Metro, dalam studi tersebut para peneliti mengambil sampel popok dari 34 bayi sehat. Mereka kemudian mengisolasi 10 rangkaian bakteri, yang mereka temukan efektif dalam membantu tubuh menjaga usus yang sehat.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Hal itu karena rangkaian bakteri tersebut diketahui dapat membantu tubuh memproduksi asam lemak rantai pendek yang memainkan peranan kunci dalam menjaga mikrobiome usus yang sehat.

"Bayi biasanya cukup sehat dan bersih dan tidak menderita penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti diabetes dan kanker. Dan tentunya pup mereka sudah tersedia," ujar penulis penelitian Dr Harion Yadav.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Lantas, apakah artinya kita harus mengganti suplemen kesehatan dengan kotoran bayi?

Tentu tidak, karena masih banyak studi lebih lanjut diperlukan sebelum para ilmuwan benar-benar dapat menyatakan bahwa ada manfaat probiotik dari kotoran bayi. Walau akhirnya nanti terbukti kalau pup bayi itu menyehatkan, tidak serta merta dapat langsung mengumpulkan popok bekas pakai bayi.

Bukan pup bayi yang bermanfaat, melainkan bakteri yang ditemukan di dalamnya. Meski nantinya para ilmuwan berhasil membuktikan kotoran bayi punya manfaat untuk kesehatan usus, mereka tidak akan merekomendasikan Anda untuk mengambil langsung pup dari sumbernya. Bakteri dalam pup bayi akan dijadikan bentuk suplemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya