Menopause Bisa Ditunda Datangnya dengan Cara Ini

Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Hot flashes, perubahan suasana hati (mood swings), dan menstruasi yang tidak teratur merupakan gejala menuju menopause. Sebagian besar perempuan mengalami gejala menopause antara usia 45 hingga 55 tahun. 

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Penyebab waktu datangnya menopause bisa berbeda-beda untuk setiap wanita dan belum diketahui pasti penyebabnya. Dikutip dari healthline, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pola makan sejak masih muda dapat menentukan kapan datangnya menopause.

Para peneliti dari Universitas Leeds di Inggris melakukan survei pada lebih dari 14.150 perempuan di Inggris berusia antara 35 hingga 69 tahun. Peneliti mengumpulkan informasi detail tentang data riwayat reproduksi, demografi, riwayat berat badan, dan aktivitas fisik masing-masing wanita tersebut. 4 tahun kemudian, peneliti memberikan kuesioner lanjutan untuk mencari tahu seperti apa pola makan para perempuan yang sudah menopause.

10 Tips Memacu Gairah Seks untuk Istri yang Menopause

Dari kelompok tersebut, sekitar 900 perempuan mengalami menopause secara alamiah. Mereka tidak menstruasi setidaknya selama 12 bulan berturut-turut dan menopause ini tidak disebabkan oleh kanker, operasi, atau efek samping obat-obatan. (ren)

BACA SELENGKAPNYA

Santai Belum Menikah, Tika Panggabean Sebut Hidupnya Tak Semata-Mata Harus Punya Suami
Susu kedelai.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Susu kedelai, minuman nabati yang terbuat dari biji kedelai, telah lama menjadi alternatif populer bagi mereka yang mencari pengganti susu sapi memiliki segudang manfaat.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024