Jangan Pernah Simpan Kondom di Saku dan Dompet, Ini Alasannya

Ilustrasi dompet.
Sumber :
  • Pixabay/e-gabi

VIVA – Mendengar banyak pria menyimpan kondom di dompet tentu bukan hal yang asing. Bagi sebagian pria, menyimpan kondom di dompet adalah cara termudah, ketika tiba-tiba muncul hasrat seksual dengan pasangan.

Upaya Tingkatkan Fasilitas Kesejahteraan Pekerja, Kemnaker dan BKKBN Gelar Dialog Interaktif

Tetapi ternyata, menyimpan kondom di saku atau dompet bukanlah solusi terbaik. Dompet dan saku Anda adalah tempat yang mengerikan untuk kondom. Bukan hanya karena kondom mudah mengalami gesekan, suhu yang hangat juga membuat kondom berisiko mudah rusak jika berada di dalam dompet.

"Panas, kelembapan, gesekan dan cahaya dapat mempengaruhi kualitas kondom dan membuatnya kurang efektif," kata Karin O’Sullivan, pemimpin klinis di badan amal kesehatan seksual FPA, seperti dilansir dari Metro.co.uk.

Terpopuler: Kisah Mualaf Putra Altar, Zaidul Akbar Sebut Tak Perlu Sarapan di Pagi Hari

Baik dompet dan kantong cenderung terlalu hangat untuk kondom, karena terletak tepat di samping tubuh dan merupakan tempat yang panas. Ketika kondom berada di ruang atau tempat dengan suhu yang panas, tekstur lateks menjadi lebih lemah, yang membuat kondom berisiko mengalami kerusakan.

Kemudian ketika ada gesekan, kualitas kondom akan makin menurun. Apalagi jika kondom ditempatkan dalam saku belakang, akan sangat mudah kondom mengalami gesekan. Misalnya, ketika berjalan, duduk, atau menyimpan barang lain di sana.

Pakai Kondom Dobel Malah Berisiko Bisa Berujung di IGD, Kenapa?

Dompet yang sering dibuka, juga menjadi tempat berbahaya untuk kondom. Terutama ketika kondom Anda tertutup kartu dan uang tunai. Selain itu menyimpan kondom di kantong  juga berisiko menempatkan kondom terkena benda tajam seperti kunci yang dapat membuat lubang yang cukup kecil sehingga tidak akan menyadarinya.

Seperti diketahui, kondom berlubang bukanlah kondom yang aman. Dompet dan saku bukan satu-satunya tempat yang buruk untuk menyimpan kondom. Anda juga harus menghindari menyimpan kondom di lemari kamar mandi di dekat jendela atau di mana pun di bawah sinar matahari langsung.

"Kondom harus disimpan di tempat yang tidak dapat dirusak oleh panas yang kuat, benda tajam, ringan atau lembap," kata Karin.

"Idealnya, meja di samping tempat tidur, tetapi juga akan baik-baik saja untuk membawa kondom di suatu tempat yang aman di tas tangan," kata Karin lagi.

Sebuah bagian terpisah di dompet Anda juga bisa berfungsi tetapi berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan kondom di sana selama bertahun-tahun hingga melewati tanggal kedaluwarsa. Karena dengan demikian, akan meningkatkan risiko Penyakit Menular Seksual, dan tentu saja tidak efektif mengontrol kehamilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya