Studi: Tiga Batang Cokelat Per Bulan Bisa Hindari Risiko Gagal Jantung

Ilustrasi makan cokelat.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVA – Penelitian tentang manfaat baik dan buruk konsumsi cokelat hingga kini masih jadi perdebatan. Di sisi lain, banyak yang percaya bahwa kunci selalu sehat adalah  menghilangkan semua bentuk camilan manis dari makanan mereka.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Baru-baru ini para ilmuwan kembali mengklaim bahwa makan tiga batang cokelat gelap setiap bulan dapat secara drastis mengurangi risiko gagal jantung. Peneliti yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology di Munich tersebut melibatkan kurang lebih 500 ribu responden usia dewasa untuk menentukan bagaimana konsumsi cokelat berdampak pada kesehatan jantung.

Hasilnya, konsumsi tiga batang cokelat per bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi cokelat sama sekali.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

Namun, terlalu banyak mengonsumsi cokelat juga menimbulkan dampak negatif, salah satunya menyebabkan 17 persen responden justru mengalami peningkatan risiko gagal jantung, itulah pentingnya takaran tepat konsumsi cokelat yang dimaksud.

Dokter ahli di sekolah kedokteran Icahn di Sinai Mountain News York Dr Chayakrit Krittanawong menjelaskan bagaimana flavonoid yang ditemukan dalam cokelat dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang.

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

"Saya percaya bahwa coklat adalah sumber makanan penting yaitu flavonoid yang berpengaruh untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik," katanya, menurut Dilansir laman TheTelegraph.

Dia juga mengatakan bahwa mengonsumsi flavonoid dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang ditemukan di dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

"Namun, cokelat mungkin memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi," tambahnya.

Tim yang melakukan penelitian ini memeriksa lima studi terpisah untuk penelitian mereka, yang terdiri dari 575.852 individu secara total.

Mereka menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan antara asupan cokelat dan kesehatan jantung.

Awal tahun ini, sebuah penelitian yang dilakukan di California menyimpulkan bahwa makan cokelat hitam dapat memiliki efek positif pada kesehatan mental Anda dengan menghilangkan stres dan meningkatkan fungsi memori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya