7 Manfaat Rumput Laut, Bukan Sekadar Bikin Kulit Kinclong

Urap dari rumput laut.
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA – Sudah banyak yang mengetahui, jika sayuran merupakan makanan super yang baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya sayuran yang tumbu di daratan, sayuran yang tumbuh di laut seperti rumput laut ternyata juga menyimpan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Klaster Usaha Rumput Laut, UMKM Binaan BRI yang Dorong Perekonomian Nelayan Pesisir Sulawesi Selatan

Meskipun rumput laut adalah makanan pokok di negara-negara seperti Jepang, tak ada salahnya, orang Indonesia yang juga memiliki wilayah laut yang luas, mulai menyukai sayuran satu ini.

Dilansir laman Female First, rumput laut sangat padat nutrisi dan merupakan sumber yodium, mineral penting  yang sering kali diabaikan dalam menu makanan kita. Agar lebih tertarik untuk menjadikan rumput laut sebagai sayuran pokok, berikut Anda perlu tahu, manfaat luar biasa rumput laut.

Hilirisasi Produk Rumput Laut, Jokowi Beberkan RI Punya Potensi yang Besar

Sumber Energi

Tubuh kita membutuhkan lebih dari sekadar kalori untuk  membangkitkan energi. Tak hanya itu, tubuh juga  membutuhkan sejumlah besar vitamin dan mineral untuk mengubah kalori menjadi energi. Inilah yang menjadikan rumput laut sebagai superstar energi. Meski rumput laut sebenarnya rendah kalori, tapi kaya akan beberapa mineral yang memberi energi, khususnya yodium. Yodium membantu membuat hormon tiroid, yang mendorong metabolisme kita, seberapa cepat dan mudah tubuh kita mengubah makanan menjadi energi. Magnesium, kalsium, zat besi, vitamin C dan B2 juga terdapat dalam  rupmut laut yang merupakan nutrisi pembangkit energi.

Wow, Konsumsi Rumput Laut Ampuh Pangkas Gula Darah Hingga Anti Kanker

Pengelola Berat Badan

Rumput laut baik untuk Anda yang ingin mengecilkan lingkar pinggang. Karena Yodium yang terkandung dalam rumput laut sangat baik untuk membantu proses metabolisme tiroid. Sehingga membantu juga dalam proses membakar kalori pada tingkat normal. Rumput laut pun diketahui mengandung tinggi serat, rendah kalori, namun kaya nutrisi. Dan sangat sempurna untuk mereka yang diet dan tengah mengatur pola berat badan yang sehat.

Baik untuk sendi

Zat yang disebut fucoidans dalam rumput laut telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi. Meskipun peradangan merupakan proses yang normal dan vital dalam tubuh, namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk menyebabkan nyeri sendi. Jika tak ingin mengalami nyeri sendi, mulailah dari saat ini konsumsi rumput laut. Sebab sifat anti inflamasi yang ada dalam rumput laut dapat membantu menenangkan peradangan berlebih, meringankan nyeri sendi dan membantu Anda tetap aktif.

Jantung dan sirkulasi yang sehat

Zat fucoidan dalam rumput laut juga memiliki sifat antikoagulan. Ini berarti membantu menjaga darah tetap  sehat dan mencegah pembekuan darah. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa fucoidan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Menyehatkan kulit

Rumput laut bahkan bisa membantu kulit Anda bersinar dan tampak muda. Lagi-lagi yodium yang terkandung di dalamnya sangat penting dan bermanfaat untuk kulit yang sehat. Sayuran laut juga kaya akan senyawa antioksidan, termasuk senyawa unik yang disebut alkaloid, karotenoid seperti yang ditemukan dalam sayuran oranye dan hijau, dan vitamin juga mineral dengan peran antioksidan termasuk zinc, mangan dan vitamin C. Antioksidan memiliki peran protektif dalam tubuh kita, termasuk kulit yang membantu mengatasi perubahan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Otak

Yodium adalah mineral penting untuk fungsi kognitif juga. Ini pada dasarnya berarti semua proses otak yang memungkinkan kita untuk mendapatkan dan mempertahankan pengetahuan, termasuk belajar, meningkatkan memori, penalaran dan bahasa. Jadi, rumput laut, sebagai sumber alami terbaik yodium, dapat membantu kita tetap sehat sekarang dan saat kita bertambah tua.

Sistem kekebalan

Fucoidans dalam sayuran laut ini juga bisa bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kita. Zat ini juga ditemukan bermanfaat meningkatkan kekebalan untuk membantu memerangi infeksi terutama virus tertentu. Fucoidan mungkin memiliki aktivitas anti-tumor juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya