Aerobik di Dalam Air, Aquafit Namanya

Aquafit
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh diikuti dengan semakin beragamnya pilihan jenis olahraga yang ditawarkan penyedia klub fitnes. Jika sebelumnya ada boxing, aqua zumba, kini ada lagi yang baru dan patut dijajal, Aquafit. Olahraga ini pada dasarnya merupakan latihan ketahanan tubuh, yang menggabungkan gerakan tubuh bagian atas dan bawah di berbagai arah di dalam air.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

"Olahraga ketahanan tubuh yang melatih seluruh tubuh ke segala arah dengan menggunakan tubuh sebagai beban. Melatih seluruh tubuh dari atas sampai bawah dalam waktu 50 menit dengan tujuh movement patern," kata Dharma Putra (Dee), Instruktur Program Champion Aquafit dalam jumpa pers di Fitness First Platinum, Menara BCA, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Agustus 2018. 

Dalam program ini peserta akan berlatih untuk squat, lunge, push, pull, hinge, gait, dan rotate menggunakan bagian tubuh mereka di bawah air, bersamaan dengan irama musik dinamis.

5 Hal Ini Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Sehat

"Tujuh gerakan itu merupakan gerakan fungsional manusia sehari-hari dilakukan, karena itu gerakan fundamental, basic, sudah mencakup seluruh badan," kata Dee menjelaskan alasan ketujuh gerakan tersebut yang dipilih untuk dilakukan di dalam air. 

Meski melakukan gerakan-gerakan sederhana, olahraga ini membakar kalori cukup banyak, yaitu 200 hingga 300 kalori sambil meningkatkan kekuatan dan ketahanan inti tubuh, karena adanya berat air yang harus dilawan.

Hilangkan Rasa Terindimasi, Warga Bali Nge-Gym Bareng di Rooftop Mall

"Secara fisik membakar kalori 200 hingga 300 tergantung intensitas, semakin dilawan airnya, semakin tinggi (kalori terbakar)."

Hal ini mungkin terjadi karena berat badan di dalam air akan melawan air, sehingga jumlah kalori semakin besar yang terbakar. 

Meski dilakukan di dalam air, tak banyak persyaratan untuk bisa mengikuti kelas ini. Yang utama adalah memiliki tinggi badan yang pas dengan kedalaman kolam renang, usahakan air sebatas dada ketika dalam posisi berdiri. Tak perlu pandai berenang juga untuk bisa berolahraga jenis aerobik ini. 

"Enggak harus bisa renang. Yang penting jangan takut air, itu paling penting."

Aquafit

Sebagai klub fitness yang pertama dan satu-satunya yang mengenalkan olahraga ini di Indonesia, Country Manager Fitness First, David Posser mengatakan bahwa latihan ini sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. 

"Kelas ini menawarkan latihan yang sangat efektif yang membantu peserta untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh inti mereka, karena gerakan-gerakan tersebut dilakukan di dalam air, resistensi tambahan membantu untuk meningkatkan conditioning dan kekuatan otot yang berdampak positif terhadap sendi."

Semua peserta dalam kelas Aquafit harus mengenakan pakaian renang yang nyaman dan tidak menggunakan t-shirt atau celana longgar. Bagi mereka yang memiliki rambut panjang harus mengikat rambut atau mengenakan topi renang agar dapat dengan leluasa bergerak dan aman. 

Untuk saat ini, Aquafit tersedia di Fitness First Taman Anggrek & Fitness First Platinum Grand Indonesia. Setiap kelas memiliki kapasitas maksimal 20 peserta per sesi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya