Hipertensi Dapat Menyebabkan Impotensi?

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • www.pixabay.com/PDPics

VIVA – Bagi beberapa orang, tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali tidak menimbulkan tanda atau gejala apapun. Namun, kalau tekanan darah selalu dibiarkan tinggi tanpa disadari,  Kamu harus waspada nih karena lama-lama dapat memengaruhi kehidupan seksual Anda. Hipertensi ternyata dapat menjadi salah satu penyebab impotensi.

Duh, Pakar Kesehatan Seksual Sebut Impotensi Bakal Jadi Epidemi di Kalangan Anak Muda

Dikutip dari WebMD, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Geriatrics Society menunjukkan bahwa 49 persen pria berusia 40 hingga 79 tahun yang mengalami tekanan darah tinggi ternyata memiliki masalah disfungsi ereksi atau impotensi. 

Hasil ini pun diperkuat dengan penelitian lain dari Journal of Urology yang menunjukkan bahwa 68 persen pria dengan tekanan darah tinggi mengalami disfungsi ereksi. Sebesar 45 persen di antaranya tergolong dalam kategori disfungsi ereksi berat.

WHO Sebut Kemasan Plastik BPA Bisa Picu Kanker Hingga Impotensi

Proses terjadinya ereksi dipengaruhi oleh tekanan darah. Saat tekanan darah normal, otak akan mengirimkan sinyal agar otot polos di penis menjadi lebih relaks dan terbuka lebih lebar. Hal ini memungkinkan aliran darah masuk dan mengisi ruang kosong (corpora cavernosa) pada penis dan penis pun menegang.

BACA SELENGKAPNYA

Ngeri! COVID-19 Picu Mr. P Menciut dan Sulit Bercinta
Ilustrasi penis

Gak Main-main, Saraf Kejepit Ternyata Bisa Sebabkan Impotensi

Saraf kejepit merupakan suatu kondisi di mana adanya tekanan pada saraf oleh jaringan di sekitar tubuh, seperti tulang, tulang rawan, dan otot. Sehingga, saraf jadi rusak

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2023