Kenali Komplikasi dan Tanda-tanda Darurat Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Diabetes merupakan penyakit yang membutuhkan pengelolaan agar kadar gula darah tetap stabil. Hal ini penting, untuk menghindari risiko komplikasi yang dapat berakibat fatal. Komplikasi penyakit diabetes, dapat bersifat kronis atau akut.

Riwayat Penyakit Dorman Borisman, Sudah 5 Tahun Keluar Masuk RS

Komplikasi akut artinya terjadi mendadak dan menimbulkan kegawatdaruratan, sehingga keluarga penderita diabetes harus waspada setiap saat. Berikut ini beberapa kondisi darurat yang perlu diwaspadai oleh penderita diabetes.

1. Kadar gula darah sangat rendah (hipoglikemia)

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

Gula darah terlalu rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL. Biasanya disebabkan efek samping penggunaan obat diabetes, terutama insulin. Hipoglikemia rentan terjadi di malam hari saat penderita diabetes tidur, biasanya karena melewatkan makan malam.

Hipoglikemia juga dapat terjadi setelah melakukan olahraga yang cukup keras, tetapi tidak diringi dengan mengonsumsi makanan dengan jumlah porsi yang sesuai, atau mengonsumsi obat diabetes dalam dosis yang berlebihan.  

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

BACA SELENGKAPNYA

Dorman Borisman.

Sambil Menangis, Istri Cerita Temani Dorman Borisman di Saat-saat Terakhir

Dorman Borisman meninggal dunia pada Selasa malam, 7 Mei 2024. Jenazah Dorman dimakamkan di TPU Susukan, Ciracas, Jakarta Timur, pada hari ini, Rabu, 8 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024